,

Setiap Bulan 20 Ton Kopi Gayo Lues Diekspor ke Eropa dan Cina

BLANGKEJEREN – Usaha Dagang (UD) Gayo Lues Coffee setiap bulan mengekspor 20 ton biji kopi ke Cina dan beberapa negara Eropa. Harga kopi jenis special coffee di negeri seribu bukit tersebut relatif normal. Sekali musim panen dalam satu hektar bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp 150 juta.

Direktur UD Gayo Lues Coffe, Hendra Gunawan, Minggu, 3 Desember 2017 saat ditemui di kilang kopi desa Raklintang Kecamatan Blangpegayon mengatakan, harga
gabah kopi per bambu saat ini Rp 31 ribu kami beli dari petani, kalau sudah jadi labu atau sudah dikupas kulit dalamnya Rp 35 ribu per kg, namun kalau kadar airnya sudah mencapai 15 persen dan trasenya 15 maka harganya sampai Rp 60 ribu per kg.

“Untuk memperoleh biji kopi dengan trase 15 ini hanya butuh waktu menjemur selama empat hari saja,” jelasnya.

Biasanya, petani kopi di Kabupaten Gayo Lues memberikan hasil panenya kepada UD Gayo Lues Coffe tanpa mengambil uang terlebih dahulu, kemudian dimasa akhir panenya baru mengambil total uang dari hasil penjualan, pengambilan uang itupun mencapai Rp 60 juta hingga Rp 150 juta per hektar.

“Di Gayo Lues, kopi yang banyak dihasilkan di Kecamatan Pantan Cuaca, kopi Pungke Jaya di Kecamatan Putri Betung, di Agusen Kecamatan Blangkejeren, di Kedah Kecamatan Blangjeranggo, dan di daerah Reko Kecamatan Dabun Gelag,” kata Hendra.

Banyaknya petani yang saat ini beralih menanam kopi Gayo membuat perputaran uangpun semakin tinggi, di kilang kopinya saja, dalam seminggu perputaran uang mencapai Rp 250 juta hingga Rp 500 juta, tergantung masa panen.

“Setiap hari ada enam orang yang saya bawa bekerja untuk menjemur kopi, otomatis dengan adanya kilang kopi disertai tambahan mesin holar (gilingan dari gabah ke labu), masyarakat di sini juga terbantu, karena mengguranggi pengangguran. Jika warga ingin mengolah dari gabah ke labu biayanya hanya 18 persen dari total kopi yang digiling,” jelasnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *