,

Serapan Anggaran Minim, Pemerintah Aceh Diminta Percepat Pelaksanaan Program Pembangunan

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez meminta Pemerintah Aceh untuk mempercepat pelaksanaan program pembangunan. Pasalnya, hingga Agustus 2017 serapan anggaran 32 persen.

“Kalau realiasasinya tak bisa digenjot, maka yang rugi nanti masyarakat Aceh secara keseluruhan, karena akan adanya sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa). Meski silpa nanti dimasukkan lagi dalam anggatan tahun selanjutnya, tetap saja secara perencanaan anggaran kita rugi, dana yang sudah ada tidak bisa dihabiskan untuk pembangunan,” jelas H Firmandez.

Hal tersebut disampaikan anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil Aceh 2 ini menanggapi laporan pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan di Aceh yang hingga triwulan kedua tahun 2017, realisasi kegiatan dekonsentrasi provinsi, total pagu anggaran sebesar RP 305.730 miliar yang dilaksanakan oleh 21 Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), realisasi fisiknya baru mencapai 32,30 persen dan realisasi keuangan sebesar RP 94.664 miliar atau sekitar 31,12 persen.

Sedangkan realisasi kegiatan Tugas Pembantuan provinsi dan kabupaten/kota, dari total pagu anggaran sebesar Rp 437,983 miliar, realisasi fisiknya baru 26,72 persen dan realisasi keuangan sebesar Rp 105.123 miliar atau sekitar 24,00 persen.

“Bila kita hitung masa anggaran yang sudah berjalan, realisasinya ini masih sangat jauh dari target yang diharapkan. Makanya Pemeritah Aceh kita minta untuk melakukan percepatan pelaksanaan program pembangunan,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, Pemerintah Aceh juga harus terus melakukan sinergitas dengan berbagai pihak yang terkait dengan berbagai program pembangunan yang sedang dijalankan, terutama dengan Pemerintah Pusat untuk mengejar target yang ingin dicapai.

“Upaya-upaya untuk percepatan program pembangunan harus dimatangkan sejak dini. Jangan sampai setiap tahun anggaran Aceh selalu ada silpa. Bangun sinergitas untuk memaksimalkan serapan anggaran,” pungkas Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *