Sepuluh Kuda Gayo Lues Raih Juara di Bener Meriah

0
136

BLANGKEJEREN – Sebanyak 10 ekor kuda dari Kabupaten Gayo Lues berhasil meraih juara pada lomba pacuat kuda di Kabupaten Bener Meriah. Pada event olah raga dalam rangka HUT Bener Meriah ke-15 tersebut Gayo Lues membawa 69 ekor kuda.

Ibrahim salah satu pemilik kuda yang ikut berkompetisi di Bener Meriah, Senin, 14 Januari 2019 di Blangkejeren mengatakan, 69 ekor kuda dari Gayo Lues itu ikut bertarung pada berbagai kelas yang berbeda, tapi banyak yang kalah di babak penyisihan, hanya 10 ekor yang masuk ke final.

Dari 10 ekor kuda Gayo Lues yang mendapat juara, dua ekor kuda diantaranya mendapat juara satu, dua ekor kuda meraih juara dua, tiga ekor kuda meraih juara tiga, dan tiga ekor kuda meraih juara empat. Masing-masing pemilik kuda diberikan hadiah pembinaan beserta piala dari Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

“Juara umum dimenangkan oleh Kabupaten Aceh Tenggah, kuda dari sana banyak yang juara, dan jumlah kuda juga lebih banyak di sana dari pada di Gayo Lues, ke depan kita harus menggalakan lagi kuda-kuda hasil perkawinan silang supaya lebih tangguh saat adu kecepatan,” ujar Ibrahim.

Harga kuda sendiri kata Ibrahim tergantung dengan kualitasnya, jika kudanya bagus dan keturunan kuda juara, maka harga anak kuda yang belum bisa dipacu bisa mencapai belasan juta, sedangkan untuk kuda yang juara, harganya bisa mencapai puluhan juta tanpa ada harga pasaran. [Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here