,

Sensasi Sehat Juice Nipah Ala Manda

Terinspirasi dari pekerjaan orangtua yang sehari-harinya rutin bekerja mengupas pucuk nipah untuk rokok daun peganan sonack (kolak) dari buah nipah untuk sajian buka Puasa. Rustam Efendi (32), mencoba membuat eksperimen melalui inovasi baru meracik juice dan kolak berbahan buah nipah.

Keuletan dan kepiawaian warga Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan ini ternyata membawa keberuntungan. Saban hari Cafe Ala Manda tempat ia mengais rezeki yang berada di Lokasi Objek wisata Genteng Buya, Pasie Lembang selalu disesaki pengunjung. Para pengunjung yang tidak mulai masyarakat biasa, pejabat, hartawan hingga wisatawan lokal maupun mancanegara yang menyukai minuman favorit yang satu-satunya terdapat di kabupaten penghasil pala itu.

“Juice dan kolak berbahan baku dari buah nipah ini saya produksi sejak pertengahan tahun 2014 lalu. Setiap konsumen yang pernah menikmati minuman dan makanan ini, pasti berminat mencoba lagi. Mereka tidak saja berasal dari Aceh Selatan tapi juga ada yang datang secara khusus dari luar Provinsi Aceh maupun wisatawan luar negeri,” kata Rustam Efendi, Senin, 2 Mei 2016.

Menurutnya, pelanggan ramai ke tempat usahanya sore dan pada hari-hari libur. Tempat usahanya hanya pondok sederhana terbuat dari papan serta beratap rumbia yang berdiri persis di pinggir jalan Negara lintas Tapaktuan – Medan, Sumatera Utara itu tepatnya pinggir danau Pasie Lembang.

Banyaknya peminat terhadap juice dan kolak nipah tersebut, selain karena cita rasanya, juga karena harga yang relative murah, yang bisa dijangkau semua kalangan. Untuk satu gelas juice nipah dibandrol seharga Rp 8.000, sedangkan kolak nipah dibandrol seharga Rp 10.000 per mangkok.

Uniknya, minuman dan makanan ini selain mampu melepas dahaga dan menghilangkan rasa lapar, juga memiliki khasiat tersendiri karena ada faedah bagi kesehatan tubuh manusia. “Barangkali faktor inilah yang memotivasi para konsumen rela antrian untuk mendapatkan satu cangkir juice dan satu mangkok kolak nipah,” akunya.

Rustam Efendi menjelaskan, berdasarkan kajian orang tua zaman dulu serta ahli pengobatan tradisional di daerah itu, isi buah nipah memiliki khasiat dan kaya protein, diantaranya bisa menambah hormon, mengobati penyakit kanker, mengatasi penyakit hati, pengakit gondok, penawar racun, mengurangi panas dalam, tenggorokan dan pengumpalan darah.

“Manfaatnya sangat besar, buah nipah mengandung anti oksida yang berfungsi untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan penyakit didalam tumbuh. Makanya juice dan kolak nipah diburu konsumen,” ujarnya.

Salah seorang pengunjung, Suhaimi (45) mengaku sering datang ke Pasie Lembang bukan hanya sekadar menikamati keindahan alam pantai yang berhadapan dengan Samudera Hindia, tetapi juga sekaligus ingin mengkonsumsi juice dan kolak nipah. Hal itu tidak hanya dilakoni Suhaimi, tapi mayoritas pengunjung lainnya juga kecantol dengan sajian menu isi buah nipah tersebut.

“Saya sudah menjadi langganan rutin di sini. Paling tidak seminggu sekali pasti datang untuk menikmati kesegaran dan lezatnya juice dan kolak nipah. Soalnya, di tempat lain di Aceh Selatan tidak tersedia seperti di sini karena tempat ini hanya satu-satunya yang ada di Aceh Selatan. Pokoknya juice dan kolak nipah menjadi menu favorit dan oke punya barang,” tandas Suhaimi sambil menikmati juice dan kolak nipah. [Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *