,

Semen Mulai Langka di Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Menjelang berakhirnya tahun 2016, keberadaan semen di Kabupaten Aceh Selatan khususnya di Kecamatan Meukek langka. Kelangkaan telah berlangsung selama beberapa pekan terakhir. Akibatnya, harga semen melonjak. Satu zak semen merek Semen Padang yang biasanya Rp 53.000 per zak dijual Rp 60.000.

Warga menduga kenaikan harga juga disebabkan karena hanya satu toko bangunan di Desa Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek yang tersedia semen saat ini. Sementara sejumlah toko bangunan lainnya kekosongan semen sejak beberapa pekan terakhir.

Pemilik toko bahan bangunan di Labuhan Tarok berinisial A mengungkapkan, ia menjual semen di atas harga normal dikarenakan harus membayar uang tips kepada seseorang calo yang memiliki koneksi langsung dengan pihak distributor semen di daerah itu.

“Bagaimana saya tidak menjual semen dengan harga sebesar itu, sebab saya harus menyetor lagi uang lebih untuk uang service sopir mobil pengangkut semen. Jika tidak maka tentu saja saya tidak akan mendapat jatah semen. Sementara kondisi sekarang ini memang betul-betul sedang terjadi kelangkaan semen,” ungkapnya.

Menyikapi hal ini, sejumlah masyarakat di Kecamatan Meukek meminta pemerintah mengambil kebijakan mengatasi persoalan kelangkaan semen tersebut. Pemerintah diminta untuk melakukan pengawasan langsung distribusi semen di daerah.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *