,

Sektor Ekonomi Maritim Perlu Direvitalisasi

JAKARTA – Kekuatan perikanan dan kelautan Indonesia sangat potensial. Untuk itu mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia sebagaimana dicanangkan Pemerintah Joko Widodo – Jusuf Kala harus terus disokong. Terutama terkait konektifitas antar pulau. Untuk itu revitalisasi sektor Ekonomi Maritim harus dilakukan.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim, H Firmandez. Ia menilai, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia.

“Ini merupakan gagasan strategis yang harus diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, mengembangkan industri perikanan dan perbaikan transportasi laut. Kita mendorong pemerintah untuk terus melakukan revitalisasi sektor-sektor ekonomi kelautan dan perikanan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” jelas H Firmandez, Kamis, 20 Oktober 2016.

H Firmandez melanjutkan, untuk mendukung upaya tersebut, juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur di bidang kelautan.

“Infrastruktur antar pulau juga harus dibangun dan dikembangkan. Ini harus benar-benar direalisasi untuk mempercepat transportasi antar pulau di Indonesia. Selama dua tahun Pemerinahan Jokowi-JK kita arah ke sana sudah baik,” lanjut H Firmandez.

Mnenurut politisi asal Aceh ini, letak Indonesia yang sangat strategis antara dua benua Asia dan Australia sangat mendukung untuk menjadikan negara ini sebagai salah satu negara maritime terkuat di Asia bahkan dunia. “Tentunya untuk menjadi lebihn kuat di bidang maritim, harus dilakukan modernisasi pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia sesuai standard an prosedur internasional,” pungkas H Firmandez. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *