,

Sekretariat Tim Pemantau Otsus Harus Dibuka di Aceh

BANDA ACEH – Untuk mengoptimalisasi pengawasan dan advokasi pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) di Provinsi Aceh, perlu segera dibentuk Sekretariat Tim Pemantau Otsus Aceh di Banda Aceh.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otsus Aceh, H Firmandez kepada Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam pertemuan Tim Pemantau Otonomi Khusus Aceh, Papua dan Keistimewaan Yogjakarta, Senin, 23 Oktober 2017 di Banda Aceh.

H Firmandez menjelaskan, dalam pertemuan tim pemantau Otsus dari DPR RI pada 17 Februari 2016 lalu, hal itu sudah disampaikannya kepada Gubernur Aceh masa itu, Zaini Abdullah, namun hingga kini sekretariat Tim Pemantau Otsus Aceh belum dibuka di Aceh.

“Ini sudah saya sampaikan pada Gubernur sebelumnya, tapi realisasinya tidak ada. Sekretariat itu harus segera dibentuk. Ini penting untuk mengkoordinir kinerja pemantauan dan implementasi Otsus itu sendiri di Aceh. Kesepakatannya waktu itu sudah ada, tapi tidak dibentuk juga. Saya harap dengan Gubernur Aceh yang baru, ini bisa segera dibentuk,” ujar H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, sekretariat itu nantinya akan diisi oleh orang-orang dari Pusat dan dari Aceh sendiri. Pembentukan sekretariat pemantau Otsus sangat penting untuk memastikan bahwa penggunaan dana Otsus yang diberikan kepada Aceh sejak tahun 2008 lalu benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tugas kami dari DPR RI untuk melakukan pemantauan, ini merupakan tugas konstitusional yang harus kami laksanakan. Kalau sekretariat itu sudah dibentuk, jadi kinerja di daerah akan lebih mudah dan terarah. Ada tindaklanjut dan evaluasinya, jadi tidak ngambang,” tegas Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.

Menangapi hal tersebut, Gubenrnur Irwandi Yusuf mengatakan sekretarian atau desk tim pemantau Otsus akan dibentuk di Aceh. Hal itu disampaikan Irwandi Yusuf langsung kepada Fadli Zon selaku Ketua Tim Pemantau Otsus Aceh Papua dan Keistimewaan Yogjakarta yang duduk di sebelahnya dalam pertemuan tersebut.

“Gubernur sudah menyanggupi pembentukan desk atau sekretarian tim pemantau Otsus di Aceh. Apa yang disampaikan Pak Firmandez tadi langsung ditanggapi Pak Irwandi Yusuf,” jelas Fadli Zon.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *