,

Sekretariat Tim Otsus Akan Dibuka di Papua

JAKARTA – Untuk mengoptimalkan pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Papua, Tim Pemantau Otsus Aceh Papua dan Keistimewaan Yogjakarta akan kembuka sekretariat di Jayapura, Papua.

Hal itu diungkapkan anggota tim tersebut, H Firmandez, Rabu, 15 Juni 2016 di sela-sela kunjungan kerja (Kunker) Tim Pemantau Otsus dari DPR-RI ke Papua. “Dalam pertemuan dengan Gubernur, Pimpinan DPR Papua, Pimpinan Majelis Rakyat Papua, Muspida serta stakeholder lainnya di Jayapura, diputuskan akan dibuka kantor Sekretariat Tim Otsus di Papua,” jelas politisi Golkar tersebut.

H Firmandez melanjutkan, pembukaan sekretariat bertujuan untuk mengoptimalkan penerapan Undang-undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua, serta regulasi-regulasi seperti Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) dan Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi) terkait, agar otonomi khusus di Papua berjalan optimal.

“15 tahun sudah Otsus Papua diterapkan, tapi ada hal-hal yang belum sepenuhnya berjalan, masih banyak hal yang menjadi sorotan. Tim Pemantau Otsus mendorong agar Otsus Papua berjalan optimal,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez menambahkan, selama ini penerapan Otsus Papua masih bermasalah di beberapa regulasi, implementasi dan penerapannya. “Makanya untuk memecahkan problema tersebut sekreariat tim Otsus akan di buka di Papua,” pungkas Koordinator Tim Pemantau Otsus Aceh tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *