,

Satu Unit Jembatan di Kluet Timur Ambruk Diterjang Banjir

TAPAKTUAN – Banjir yang melanda 10 kecamatan di Aceh Selatan, selain menyebabkan puluhan desa terendam banjit, sejumlah jembatan penghubung antar gampong ambruk, beberapa ruas jalan tertimbun tanah longsor, arus transportasi jadi lumpuh.

Di Kecamatan Kluet Timur banjir merendam puluhan rumah penduduk di Gampong Lawe Cimanok dan Gampong Lawe Sawah. Satu unit jembatan yang menghubungkan antar gampong putus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, Rabu, 21 Maret 2018 menjelaskan, untuk langkah penanggulangan secara darurat, pihaknya langsung menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama Satgas SAR, RAPI, anggota Kodim 0107, Polres, Brimob Kompi C Trumon untuk melakukan pembersihan lumpur di rumah ibadah, fasilitas umum lainnya, rumah – rumah masyarakat dan jalan desa. Termasuk memindahkan batang kayu yang tumbang melintangi badan jalan desa.

Selain itu, pihaknya juga menurunkan beberapa alat berat (beko) melakukan pengerukan muara sungai di Gampong Air Pinang dan Gampong Panjupian, selain itu juga telah melakukan pembersihan badan jalan di Gampong Panton Luas Kecamatan apaktuan dengan melibatkan masyarakat dan petugas terkait lainnya.

Pengerukan muara sungai juga telah dilakukan di Gampong Labuhan Tarok Kecamatan Meukek. Sedangkan di Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur telah dibangun satu unit jembatan darurat dengan melibatkan masyarakat dan Muspika setempat.

“Untuk mempercepat proses pembersihan lumpur di rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum lainnya, juga diterjunkan beberapa unit armada mobil pemadam kebakaran. Untuk mobil dapur umum, hanya dikerahkan ke lokasi titik pengungsian di Kecamatan Kota Bahagia. Sedangkan dilokasi lainnya tidak diturunkan karena warga korban banjir telah mulai kembali ke rumahnya masing-masing menyusul telah surutnya banjir,” jelasnya. [HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *