,

Satpol PP/WH Tangkap Produsen Tuak

BLANGKEJEREN – Tujuh orang personil Satpol PP/WH Gayo Lues menangkap Hermansyah produsen sekaligus agen tuak. Pemuda berusi 25 tahun asal Kutelintang, Blangkejeren ini meracik dan mengedarkan sendiri tuak buatannya itu. Ia tertangkap tangan membawa satu jerigen tuak yang hendak dipasarkan.

Kasatpol PP dan WH Zusmaleara Senja melalui Danton Muhammadin AR Yoga, Rabu, 2 Maret 2016 menjelaskan, penangkapan produsen tuak itu berdasarkan perintah langsung yang disampaikan Kasatpol PP untuk melakukan penyelidikan dan mengamankan pembuat tuak yang ada di Gayo Lues. “Tuak ini diproduksi di daerah Geruguh Desa Badak Uken Kecamatan Dabun Gelang, dalam satu hari, ia mengaku mampu memproduksi 19 liter tuak,” jelasnya.

Bersama tersangka, Polisi dan Satpol PP/WH mengamankan 20 liter air tuak, satu sepeda mtor jenis Win, 1 bilah pisau, 5 penampung air nira (tebok), 2 jerigen besar, 4 jerigen kecil, dua tangga naik aren, kulit batang raru, 4 goni plastik kecil ukuran tuak satu teko, satu pemukul kayu, keranjang pembawa tuak satu unit, dan buah tali.

Anggota Satreskrim di Polres Gayo Lues kepada wartawan mengatakan, TSK yang memproduksi Tuak ini akan ditahan selama 20 hari ke depan di Sel Polres Gayo Lues, pembuat tuak ini akan dituntut dengan hukuman cambuk sebanyak 60 kali.

Hermansyah pembuat Tuak yang ditanyai wartawan mengaku usaha pembuatan tuak ini dipelajarinya dari seseorang yang tinggal di Blangkejeren, baik itu cara merakit air aren dengan campuran agar menjadi tuak maupun cara mencari air arennya.

“Dalam satu hari tidak banyak yang bisa saya produksi, palingan 19 liter, dengan harga jual kepada peminum Rp 8 ribu per teko, dan dalam satu hari hanya Rp 172 ribu yang saya hasilkan dari hasil penjualan tuak,” akunya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *