Sampah Medis Bertabur di TPA Blangnangka

0
176

BLANGKEJEREN – Sampah medis yang mengandung bahan kimia/beracun dibuang pihak tertentu ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blangnangka, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues.

Padahal, berdasarkan peraturan, sampah medis tidak boleh dibuang sembarangan dan harus dimusnahkan di tempat khusus dalam waktu 1 x 24 jam. Pihak yang membuang sampah medis secara sembarangan bisa dikenakan pidana penjara karena dampaknya sangat tidak baik bagi kesehatan warga sekitar dan makhluk hidup lain yang hidup di seputaran pembuangan sampah medis tersebut.

Peraturan dan larangan membuang sampah medis tersebut tampaknya diabaikan pihak tertentu untuk mengurangi biaya pemusnahan sampah medis di Kabupaten Gayo Lues, sehingga ada dugaan sampah medis tersebut dibuang ke TPA Blangnangka secara diam-diam.

Kabid Sarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gayo Lues, Imran yang dikonfirmasi ke ponselnya mengatakan, RSUD Gayo Lues sudah memiliki tempat pemusnahan sampah medis di kompleks rumah sakit, mengenai adanya sampah medis di TPA Blangnangka dia memastikan itu bukan milik RSUD.

“Sampah medis bukan dari RSUD saja, tetapi setiap puskesmas, klinik dan praktek-praktek pengobatan lainya juga pasti ada sampah medisnya, kalau RSUD bisa kita cek langsung tempat pengolahan sampah medisnya, dan kami memastikan bahwa yang di TPA itu bukan dari RSUD,” jelasnya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here