,

Saman Massal Gayo Lues Kembali Pecahkan Rekor Dunia

BLANGKEJEREN – Tarian saman massal yang digelar Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, Minggu, 13 Agustus 2017 di Stadion Seribu Bukit kembali dicatat dalam Museun Untuk Rekor Indonesia (MURI), serta memecahkan rekor dunia dengan jumlah penari terbanyak.

Jumlah penari yang terlibat melebihi dari yang direncanakan. Sebelumnya diagendakan ada 10.001 penari, namun yang hadir mencapai 12.261 orang. Tarian ini selalu dimainkan dengan jumlah penari yang ganjil. Rekor sebelumnya pada tahun 2015 di tempat yang sama, tarian saman massal dimainkan 5.001 orang penari.

Usai tarian kolosal itu dimainkan, para pegiat tari saman senior mendapat penghargaan dari Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Mereka adalah Atif Usman sebagai maestro Saman, Mat Seli sebagai pionir saman, serta pegiat saman nasional dan internasional Seh Ahmadin, Kaharudin, Samsul Bahri, Kardinata, Saripudin, Abdl Mutalib, Tamrin, M Amin, Hatta, Seh Saman, dan Rabudin.

Sertifikat rekor MURI diserahkan perwakilan MURI kepada Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasyim. Setelah menerima penghargaan itu, Gubenur Aceh dan Bupati Gayo Lues masuk kekerumunan penari saman sembari diangkat-angkat penari tanda suksesnya hajatan tersebut.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *