,

Saman Massal Akan Dikolaborasi dengan Bines

TEROPONGACEH.COM | BLANGKEJEREN – Pergelaran tari saman massal yang akan dimainkan oleh 10.001 penari di Gayo Lues, akan dikolaborasikan dengan tarian tradisonal lainnya seperti pongot dan bines yang dimainkan oleh kaum hawa.

Hal itu dilakukan untuk melestarikan berbagai seni tari lainnya, dan agar masyarakat luas tahu bahwa seni tari di negeri seribu bukit tersebut bukan hanya saman semata. Saman massal direncanakan akan digear pada 24 November 2016. Sebelumnya pada tahun 2014 saman massal juga telah digelar di sana dengan 5.005 penari.

Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasyim menjelaskan, kolaborasi juga dilakukan agar tarian tidak monoton hanya dimainkan oleh kaum pria saja. Sebagaimana diketahui, tari saman hanya boleh dimainkan oleh kaum pria.

“Kita harus mengkolaborasikannya dengan baik, harus menampilkan perempuan juga. Tapi bukan berarti perempuan boleh memainkan tarian saman,” jelas Ibnu Hasyim saat membuka pentas seni di lapangan Pancasila, Blangkejeren, Sabtu malam, 20 Agustus 2016.

Ibnu Hasyim melanjutkan, supaya ada keadilan dalam pergelaran seni budaya, perempuan harus berpartisipasi, bila pria main tari saman, dan perempuan memainkan tari bines di sela-sela pemain saman, hal itu bertujuan untuk memperkenalkan tarian lain yang dimainkan oleh perempuan.

“Jika tari saman bisa dikreasikan dengan penari wanita baik bines ataupun pongot, maka nilai seninya akan semakin bertambah, dan para penonton yang datang dari luar daerah juga pasti akan lebih tertarik dan merasa terhibur karena tidak pernah melihat tarian saman dikreasikan dengan tarian bines,” tegasnya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *