,

Sabang Bisa Jadi Buffer Zone Kapal Kontainer

SABANG – Pelabuhan alami Sabang yang dalam bisa dikembangkan menjadi buffer zone bagi kapal-kapal kontainer atau kapal kargo lainnya yang melalui Samudera Hindia dan Selat Malaka. Posisi Sabang yang strategis bisa menjadi salah satu kawasan maritim yang layak dikembangkan sebagai poros maritim nasional.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada seminar internasional pengembangan wisata Sabang yang digelar Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Gedung BPPT Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

“Sabang memiliki persyaratan lebih dari cukup untuk memenuhi kriteria pembangunan empat proyek utama sektor prioritas nasional, yaitu pariwisata, perikanan, industri dan perdagangan serta jasa pelabuhan. Boleh jadi sektor pariwisata adalah langkah awalnya,” jelas Nova Iriansyah.

Selain itu kata Nova Iriansyah, Sabang selain memiliki pemandangan bawah laut yang memikat, tapi juga ada susunan terumbu karang yang indah, pantai yang putih, hutannya yang masih rimbun, yang membuat Pulau Weh tersebut dijuluki surga terpendam di ujung Sumatera.

“Selain pariwisata, potensi lain yang dimiliki Sabang, yaitu sebagai kawasan investasi berkelas dunia. Hal ini didukung oleh posisi geografisnya yang sangat dekat dengan jalur internasional,” tegas Nova Iriansyah.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *