,

Rizal Ramli Heran Dana Otsus Aceh Tak Membekas

BANDA ACEH – Pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh dinilai masih bermasalah, dana yang besar tidak memberi dampak yang nyata bagi pembagunan. Hal itu mencuat pada seminar 10 tahun dana Otsus Aceh di Universitas Muhammadiyah, Batoh, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Senin, 16 April 2018.

Keheranan terhadap pengelolana dana Otsus Aceh tersebut disampaikan oleh mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, DR Rizal Ramli yang menjadi keynote specker pada acara tersebut. “Saya prihatin, orang Aceh yang berani dan dibantu dana otsus gede, kok ngak jadi apa apa,” katanya.

Rizal Ramli melanjutkan, dia mengaku bingung jika Aceh tidak mampu bangkit dengan dana Otsus yang melimpah. Apalagi Aceh memiliki sumber daya alam yang subur. “Saya binggung lihat dari luar. Masyarakatnya dikenal berani dan lahannya subur, dikasih uang banyak kok nggak jadi apa-apa,” lanjutnya.

Selain itu kata Rizal ramli, jika dilihat dari persentase kemiskinan, Aceh nomor satu termiskin di Sumatera dan ranking 5 se-Indonesia. Ia mengaku tak bisa terima dengan hal itu, alam Aceh yang subur, dana yang melimpah, tapi tak membekas. “Jangan-jangan dana Otsus habis di tingkat elitnya saja,” pungkasnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *