,

Ribuan Mahasiswa Gotong Royong Bersihkan Kota Banda Aceh

BANDA ACEH – Ribuan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala melakukan kegiatan gotong royong membersihkan Kota Banda Aceh. Acara ini digelar dalam rangka ulang tahun ke-55 dan bulan bakti  Fakultas Teknik Unsyiah tahun 2018.

Pembukaan acara dilakukan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal bersama dosen dan civitas akademika Fakultas Teknik Unsyiah, Minggu, 9 September 2018 di lahan bekas Hotel Aceh di sisi selatan Masjid Raya Baiturrahman.

Usai pembukaan ribuan mahasiswa yang ikut gotong royong membersihkan area di sekitar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM mengajak Fakultas Teknik Unsyiah untuk ikut menyumbangkan ide-ide mereka dalam memantapkan tata ruang kota Banda Aceh.

Menurut Wali Kota, tata ruang Banda Aceh sudah saatnya direvisi agar bisa digunakan oleh generasi yang akan datang. Tata ruang harus detail dan matang agar tidak bermasalah dikemudian hari.

“Konsep tata ruang seperti TPA di Gampong Jawa, Saya pikir ini adalah kesalahan. Hari ini sampah yang menumpuk menjadi maslaha karena sekarang sudah dekat di pemukiman warga. Perlu pemikiran bersama untuk mencari solusi terbaik,” ujar Aminullah.

Karenanya, Uminullah meminta Fakultas Teknik Unsyiah ikut berkontribusi memberi masukan dan ide terkait tata ruang Banda Aceh yang sekarang sedang disusun.

“Saya minta Fakultas Teknik ikut memikirkan tata ruang yang baru. Sekarang sedang kita susun konsep tata ruang yang lebih detail agar bisa dibunakan hingga 50 tahun kedepan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Fakultas Teknik Unsyiah yang telah menggelar bulan bhakti dengan kegiatan membersihkan kota. “Ini perlu kita apresiasi, untuk memajukan sector wisata memang harus didukung dengan kota yang bersih,” tambah Aminullah

Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal memastikan Unsyiah siap mendukung program program Pemko Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah usman dan Zainal Arifin.

Kata Rektor, Fakultas teknik Unsyiah memang tidak bisa dipisahkan dari Pemko. Katanya banyak alumni FT Unsyiah yang telah mengabdi di Pemko Banda Aceh, seperti Sekda Kota, Ir Bahagia Dipl SE yang merupakan alumni FT Unsyiah. Selain itu, Kabag Umum, Rosdi ST, Kabag Adm Pembangunan, Muhammad Saifuddin Ambiya ST MT dan banyak lagi yang lainnya tersebar di SKPK.

“Warga Unsyiah, baik mahasiswa, dosen dan alumni mencapai 10 persen dari warga kota. Kalau perubahan kota dimulai dari warga Unsyiah saja itu sudah sangat luar biasa,” kata Prof Samsul Rizal.

Untuk program kebersihan kota, dalam kesempatan ini, Rektor menawarkan setiap bulannya ada gotong royong yang dilakukan oleh mahasiswa dan alumni Unsyiah untuk membersihkan kota. “Bulan depan kita bersihkan Peunayong Pak Wali. Saya minta bulan depan Fakultas Ekonomi. Pak Dekan Ekonomi harus siap,” pintanya.

Bukan hanya di bidang kebersihan, Unsyiah juga siap berkontribusi pada program program pembangunan kota yang lain sesuai permintaan Wali Kota, termasuk memikirkan konsep tata ruang,[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *