,

Riau Fasilitasi Pertemuan Forum KADIN se-Sumatera

PEKAN BARU – Gubernur Riau, Ir H Arsyad Juliandi Rachman MBA selaku Ketua Dewan Pembina Forum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) se-Sumatera, akan memfasilitasi pertemuan forum tersebut di Pekanbaru. Ia menyambut baik diaktifkannya kembali forum yang dibentuk sepuluh tahun lalu itu.

Kesedian Riau menjadi tuan rumah disampaikan langsung oleh Gubernur Arsyad Juliandi Rachman dalam pertemuan dengan Ketua Forum KADIN se-Sumatera, H Firmandez, Minggu, 3 April 2016 di Pekanbaru, Riau.

Firmandez mengungkapkan, pertemuan Forum KADIN se-Sumatera nantinya akan mengundang para ketua dan mantan ketua KADIN se-Sumatera, para ketua asosiasi, para gubernur se-Sumatera, serta KADIN Indonesia.

“Pertemuan akan digelar dalam dua sesi, pertama musyawarah dan pembahasan bersama para ketua KADIN, kemudian pertemuan dengan para mantan ketua dan perwakilan pemerintah daerah provinsi se-Sumatera. Pertemuan ini juga untuk memperkuat dan membangun jaringan (network) baik antara KADIN se-Sumatera maupun dengan KADIN Indonesia (Pusat-red) dan KADIN di seluruh Indonesia,” jelas Firmandez.

Politisi Golkar ini melanjutan, forum nanti akan membahas berbagai aspek terkait pembangunan di Sumatera. Baik soal kerja sama regional, pembangunan ekonomi, hingga persoalan ketenagakerjaan.

“Jadi jangan semuanya dibebankan ke pusat, kita di Sumatera juga harus mengambil peran secara bersama-sama. Posisi Sumatera sangat strategis dalam kerja sama sub regional segi tiga pertumbuhan Indonesia Malaysia Thaland Growth Triengle (IMT-GT),” lanjut Firmandez.

Anggota DPR-RI asal Aceh ini melanjutkan, diaktifkannya kembali forum tersebut merupakan uapaya bersama untuk membangun Sumatera secara lebih baik dan terintegrasi antar daerah. Ini juga sejalan dengan program pemerintah Jokowi yang membangun dari daerah, baik terkait pembangunan tol Sumatera, tol laut dan berbagai program pembangunan lainnya.

“Ada ribuan triliun dana pembangunan daerah yang dikucurkan pemerintah pusat, KADIN harus berperan dan terlibat di dalamnya, daerah harus ‘merebut’ itu, pengusaha-pengusaha di setiap daerah, khususnya di Sumatera kita dorong untuk lebih aktif terlibat dalam pembangunan,” tegas Firmandez.

Firmandez menambahkan, keberhasilan pembangunan di daerah sangat ditentukan oleh sinergitas antara pemerintah dan pengusaha serta para stakeholders dan semua elemen masyarakat.

“Untuk membangun sinergitas itu agar pembangunan berjalan efektif, maka perlu adanya paradigma dan pemahaman yang sama. Pertemuan Forum Kadin se-Sumatera akan mengupayakan hal itu, membangun pola pikir dan mindset yang sama dalam membangun Sumatera,” pungkas Firmandez. [Isn]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *