,

Realisasi Boat Bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan Dipertanyakan

TAPAKTUAN – Bantuan boat bantuan ukuran 5 Gros Ton (GT) untuk enam kelompok nelayan di Aceh Selatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan hingga kini belum terealisasi. Awalnya direncanakan boat akan diserahkan pada Desember 2016. Namun hingga Maret 2017 janji dari Pemerintah Pusat itu belum terwujud.

Koordinator LSM Pusat Pemantau Kebijakan Publik (PPKP) Aceh Selatan, Adi Irwan, mempertanyakan hal itu, karea kepastian apakah boat bantuan tersebut benar-benar akan disalurkan atau tidak, juga belum jelas.

Menurut dia, tidak jelasnya tindaklanjut penyaluran boat nelayan tersebut sangat merugikan nelayan setempat. Karena pasca mereka mengajukan proposal pada tahun 2016 lalu, para nelayan masih sangat berharap dan menunggu-nunggu boat itu di realisasikan. “Yang anehnya, sebagian alat tangkap seperti jaring, kail dan lain lain sudah di kirim, sedangkan boatnya nihil,” jelasnya di Tapaktuan, Rabu, 29 Maret 2017.

Adi Irawan menlanjutkan, hasil konfirmasi pihaknya dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Cut Yusminar menjelaskan bahwa penyebab boat tersebut belum direalisasikan sampai saat ini karena proses pembuatan boat bantuan tersebut belum rampung dikerjakan.

” Sebenarnya, pihak kementerian sudah meminta penambahan waktu selama tiga bulan yakni terhitung Januari sampai Maret 2017, namun anehnya hingga memasuki akhir bulan Maret 2017 juga belum ada sebuah kejelasan,” kata Adi Irwan.

Karena itu, Adi Irwan meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan segera mendesak pihak kementerian agar segera merampungkan penyelesaian pembuatan boat bantuan dimaksud dalam waktu dekat. Sehingga proyek pengadaan boat bantuan untuk nelayan seluruh Indonesia sumber APBN tahun 2016 tersebut bisa segera dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian nelayan di tanah air.

“Agar proyek ini tidak hilang di tengah jalan, maka pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan harus lebih gesit dan lebih aktif melakukan jemput bola ke pusat, mempertanyakan lagi sudah sejauh mana tindaklanjut proyek tersebut,” harapnya. [Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *