,

Ratusan Warga dan Pelajar Nobar Film G30S/PKI

BLANGKEJEREN – Ratusan masyarakat Kabupaten Gayo Lues sangat antusias menonton bareng (Nobar) film G30S/PKI, Rabu malam, 20 September 2017. Nobar itu diprakarsai oleh Babinsa dan Danramil masing-masing atas perintah Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo.

Kedua Kecamatan yang telah melaksanakan nonton bareng G30S/PKI itu adalah Kecamatan Terangun yang berlokasi di los setempat, dan rata-rata penontonya merupakan laki-laki yang berumur dewasa, remaja dan anak-anak, sedangkan nobar berikutnya di Kecamatan Pining, di Kecamatan ini, yang menonton adalah guru, siswa SD, SMP dan SMA.

“Tujuan pemutaran Film G30S/PKI ini untuk mengigatkan kembali kepada generasi muda bahwa di Indonesia pernah terjadi sejarah yang kelam yaitu tahun 1965, dimana PKI dengan keji dan kejam membunuh jendral dan ulama-ulama, namun dimasa sekarang, ada kelompok tertentu yang ingin membelokan sejarah itu,” kata Kapten Inf Feri Warda.

Tgk Hasan salah satu warga Terangun mengatakan, pemutaran film G30S/PKI sangat cocok ditonton generasi muda supaya tidak lupa dengan sejarah bangsa Indonesia, serta jika suatu saat dibelokan lagi sudah diketahui sejarah yang sesungguhnya.

“Kita beroda agar kejadian G30S/PKI tidak terulang lagi, untuk itu aparat TNI, Polri dan masyarakat harus peka terhadap situasi yang terjadi, supaya terhindar dari pemberontakan lagi,” ucapnya.

Begitu juga dengan di Kecamatan Pining, Kader salah satu guru SLTP mengatakan, kebanyakan siswa di daerah itu belum pernah menyaksikan film pemberontakan G30S/PKI.

Danramil Pining, Lettu Inf B Sitinjak Danramil mengatakan, peserta nobar di daerahnya diikuti oleh 335 pelajar, dan nantinya akan diputar lagi nobar bersama seluruh masyarakat Pining supaya sejarah G 30 SPKI bisa diketahui oleh semua kalangan.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *