,

Putri Betung Bangun Satu Rumah Satu Jamban

BLANGKEJEREN – Dana desa di Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues tahun 2016 ini diprogramkan Muspika setempat untuk membangun satu jamban satu rumah. Pasalnya, selama ini masyarakat Putri Betung hanya menggunakan sungai sebagai tempat membuang hajat.

Camat Putri Betung Said Idris Wintareza, Selasa, 2 Agustus 2016 mengatakan, perangkat desa di Kecamatan Putri Betung sudah sepakat memperuntuhkan dana desa untuk membangun jamban, sebab selama ini banyak masyarakat kesulitan membuang hajat saat malam.

“Warga tidak mampu membuat sendiri jamban di rumah masing-masing, jadi dari banyaknya usulan, akhirnya masing-masing desa sepakat membangun jamban ini, sehingga saat buang hajat tidak perlu ke sungai lagi seperti selama ini,” katanya.

Said menjelaskan, program membangun satu rumah satu jamban bukan saja untuk memudahkan masyarakat membuang hajat, melainkan untuk menguranggi pencemaran air sungai yang kini sudah dijadikan pencinta alam sebagai lokasi arung jeram.

“Kan tidak enak dipandang mata saat ada orang luar datang arung jeram ke sungai Gumpang, tetapi warganya malah berderet di sungai untuk membuang hajat,” katanya sambil tersenyum.

Selain membangun jamban, dana desa di Kecamatan Putri Betung juga dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur jalan pedesaan atau jalan menuju sentral perkebunan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *