Puluhan Ribu Warga Banda Aceh Meriahkan Maulid Raya

0
119

BANDA ACEH – Sekitar 25 ribu warga Kota Banda Aceh bersama 2.500 anak yatim dan para undangan, memeriahan Maulid Raya Nabi Muhammad SAW yang digelar Pemko Banda Aceh di Blang Padang, Rabu, 6 Februari 2018.

Hidangan maulid dibawa oleh setiap desa untuk disantap bersama. Ada juga hidangan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) Kota Banda Aceh. Wali Kota Banda Aceh dalam sambutannya menjelaskan, ada sekitar 1.000 hidangan dengan masing-masing hidangan terdiri dari 30 hingga 50 porsi makanan.

Idang maulid yang dibawa dari gampong di perlombakan dan dipilih sebanyak enam idang gampong terbaik. Para pemenang diberikan hadiah oleh Wali Kota berupa piagam dan uang pembinaan.

Para undangan sudah menempati ratusan tenda yang berjejer rapi di Blang Padang. Pembukaan acara diawali dengan lantuna ayat suci Alquran oleh Qari Internasional asal Aceh, Taqdir Feriza.

Usai Pembacaan ayat suci Al Quran, kegiatan dilanjutkan dengan shalawat bersama.
Saat menyampaikan sambutannya, Wali Kota mengatakan terlaksananya Maulid Raya tidak terlepas dari kebersamaan dan kekompakan masyarakat kota dengan jajaran Pemko Banda Aceh.

Aminullah mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi hingga terlaksananya kegiatan akbar ini. “Ketika rasa kebersamaan dan kekompakan terbangun dengan baik, tugas seberat apapun akan terasa ringan,” kata Aminullah.

Keunikan dari event akbar ini diharapkan mampu menarik minat wisatawan, baik domestik maupun manca negara ke Banda Aceh. Maulid yang dihadiri hingga puluhan ribu tamu, bershalawat bersama hingga mencicipi kuliner khas Aceh menjadi barang langka yang tidak dilakukan daerah lain di Indonesia.

“Harapan kita menjadi daya tarik wisata. Ini langka dan tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia. Kita ingin event seperti ini menjadi daya tarik hingga Banda Aceh semakin dikenal dan dikunjungi banyak orang dan mendorong pergerakan ekonomi rakyat,” jelas Aminullah.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota juga menyantuni 2500 anak yatim. Wali Kota Aminullah Usman bersama Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Alhaytar, Ketua DPRA, Ketua TP PKK dan Wakil Ketua PKK menyerahkan santunan untuk anak yatim secara simbolis di atas panggung utama.

Puncak dari kegiatan ini, semua hadirin mendengar tausyiah Maulid yang disampaikan Tgk Yusri Puteh. Dai kondang asal Pidie ini dalam tausiahnya menjelaskan, ada tiga tipe orang yang memiliki akhlak terbaik pada seorang manusia. Yang pertama adalah mereka yang mampu menghubungkan silaturrahmi bagi orang yang memutuskan kepadanya. Yang kedua, orang yang mampu memberikan sesuatu kepada orang lain yang mengharamkan kepada dirinya. Dan yang ketiga adalah orang yang sanggup memaafkan orang lain yang menzhalimi dirinya.

Usai ceramah Tgk Yusri Puteh, semua hadirin mencicipi kenduri maulid yang telah disiapkan panitia. Makanan untuk anak yatim disedikan lokasi khusus bersama kalangan disabilitas yang berdekatan dengan tamu VVIP.

Ikut hadir dalam acara tersebut Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan jajaran, Wali Nanggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al-Haytar, Ketua DPRA Tgk Sulaiman, Dandim 0101/BS Letkol Inf Hasandi Lubis, Dirut Bank Aceh Haizir Sulaiman, Kajari Banda Aceh Erwin Desman, Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh Suwono, Sekdakota Banda Aceh, Ir Bahagia DiplSE dan unsur Forkopimda Kota Banda Aceh, serta sejumlah tamu undangan lainnya.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here