,

Puluhan Ribu Hektar Lahan Pertanian di Aceh Tenggara Kering

KUTACANE – Sejak sebulan terakhir, puluhan ribu lahan pertanian di Aceh Tenggara mengalami kekeringan. Kondisi tersebut diperparah akibat tidak turunnya hujan.

Yayat, warga Kutacane, Selasa, 8 Maret 2016 menuturkan, sejak awal Februari 2016 warga Aceh Tenggara sudah mulai turun ke sawah dan ladang, sebagian ada menanam padi, sebagian lainnya menanam jagung. Namun baru sebulan usai menanam padi, lahan mereka kering kerontang. “Kalau cuaca seperti ini, gersang terus, maka puluhan ribu hektar lahan produktif di 16 kecamatan di Aceh Tenggara akan gagal panen,” ujar Yayat.

Hal senada juga diakui, Rusli, penyuluh pertanian di Aceh Tenggara. Katanya, banyak petani di Aceh Tenggara masih bergantung dari hujan. “Berbagai tekhnologi tepat guna akan sia-sia diterapkan jika air tidak ada,” jelasnya.

Rusli melanjutkan, kendati lahan dan sawah masyarakat bergantung dari jaringan irigasi sungai dan kali di daerah ini, itu pun bakal tidak mampu mengairi, karena sungai dan kali sendiri juga mengalami pendangkalan yang cukup signifikan akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Rusli berharap pemerintah turun tangan melihat situasi ini. “Saya kira berbagai upaya dan ikhtiar sebagai manusia perlu kita lakukan, agar kemarau ini bisa teratasi,” pungkasnya. [RH]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *