,

Puluhan Hektar Sawah di Kute Panyang Terancam Gagal Panen

BLANGKEJEREN – Puluhan hektar sawah di Kute Panyang, Gayo Lues terancam gagal panen akibat diserang hama tikus. Dinas Pertanian Gayo Lues dan Dinas Pertanian Provinsi Aceh sudah memberikan obat-obatan pembasmi binatang pengerat tersebut.

Aman Amran salah satu warga Kute Panyang, Jumat, 22 Juli 2016 mengatakan, sudah ada beberapa hektar tanaman padi yang kondisinya sangat memprihatinkan akibat hama tikus, setiap padi yang ditanam warga di daerah Rema dimakan tikus di bagian tegah sawah, sedangkan di pinggiranya masih tersisa dan bisa dipanen.

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Noval mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian Aceh dan TNI sudah turun ke lokasi serta ikut berburu tikus, dan hasilnya ada beberapa tikus yang berhasil ditangkap.

“Peralatan berburu tikus beserta racunya sudah kita bagikan kepada petani, mudah-mudahan hama tikus ini bisa teratasi dan warga bisa memanen padinya dengan baik, serta tidak mengurangi hasil padi tahun ini di wilayah tersebut,” ujarnya. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *