,

Puing KM Satria Kembali Ditemukan, 3 Nelayan Masih Hilang

MEUKEK – Puing boat KM Satria asal Meukek, Aceh Selatan yang dinyatakan hilang beberapa hari lalu, kembali di temukan di kepuluan Simeulue. Setelah sebelumnya ditemukan tiga fiber, kemarin kamar boat naas tersebut ditemukan.

Panglima Laot Meukek dan nelayan setempat sejak Jumat, 2 Desember 2016 sudah melakukan pencarian ke perairan laut Kabupaten Simeulu. Pencarian dilakukan menggunakan empat unit boat bertonase 7-8 GT untuk mencari KM Satria hilang kontak sejak Minggu, 27 November 2016 lalu.

Untuk memudahkan penyisiran di sepanjang bibir pantai sejumlah pulau-pulau kecil tersebut, tim pencari membutuhkan speed boat ukuran kecil. Sekretaris Desa Pasie Meukek, Tgk Safadi mengatakan, permintaan bantuan speed boat tersebut disampaikan langsung oleh para nelayan asal desa itu yang sedang melakukan pencarian.

“Permintaan itu disampaikan langsung oleh para nelayan kita melalui komunikasi radio boat ke radio pangkalan utama di Pasie Meukek. Kata mereka dengan kondisi kedalaman air di sepanjang bibir pantai sejumlah pulau yang ada dalam wilayah Kabupaten Simeulu, menyulitkan mereka untuk mendekat ke bibir pantai guna dilakukan penyisiran. Sedangkan jika dilakukan penyisiran dengan berjalan kaki akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk satu pulau, sementara di wilayah itu terdapat sejumlah pulau-pulau kecil,” jelasnya, Minggu, 4 Desember 2016.

Sementara itu Sekretaris Desa Pasie Meukek, Tgk Safadi juga menyampaikan berdasarkan hasil perkembangan terakhir proses pencarian, pada Minggu, 4 Desember 2016 pagi, masyarakat dan para nelayan Simeulue kembali menemukan salah satu bagian body boat KM Satria yakni kamar boat yang sudah terpisah dengan body boat termasuk satu buah jerigen.

“Kamar boat tersebut ditemukan oleh masyarakat Simeulue sudah terdampar di atas karang pinggir pantai Pulau Ujong Lewak masih dalam Kabupaten Simeulue. Pulau Lewak tersebut berada persis di ujung Pulau Simeulue arah perairan laut Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Di Pulau Simeulue tersebut terdapat sejumlah pulau-pulau kecil yang jaraknya berjauhan,” kata Tgk Safadi.

Fokus pencarian saat ini sudah di arahkan ke Pulau Selaut. Jarak antara Pulau Lewak dengan Pulau Selaut mencapai 20 mil. Pencarian ke arah Pulau Selaut ini dilakukan karena arah angin dan air laut dari Pulau Lewak lebih cenderung ke Pulau Selaut. “Kami sangat berharap ketiga awak boat naas tersebut bisa menyelamatkan diri ke sejumlah pulau yang ada di wilayah itu,” harapnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *