,

PTUN Putuskan Pemecatan Kadisdukcapil Aceh Selatan Tidak Sah

Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh mengabulkan gugatan mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Aceh Selatan, Tio Achriyat dan menyatakan batal atau tidak sah Surat Keputusan (SK) Bupati Aceh Selatan Nomor : 5 Tahun 2018 tentang pemberhentian tidak dengan hormat Tio Achriyat dari PNS Pemkab Aceh Selatan.

Keputusan itu dibacakan Majelis Hakim PTUN Banda Aceh yang diketuai Hujja Tulhaq bersama hakim anggota Miftah Saad Caniago dan Rahmad Tobrani dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan di PTUN Banda Aceh, Jalan M Taher, Gampong Lueng Bata, Banda Aceh, Senin, 27 Agustus 2018. “Mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya,” ucap Ketua Majelis Hakim, Hujja Tulhaq.

Selain itu, majelis hakim juga mewajibkan tergugat untuk mencabut SK Bupati Aceh Selatan Nomor 5 Tahun 2018 tentang penjatuhan hukuman disiplin berat berupa pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS atas nama Tio Achriyat.

Selanjutnya mewajibkan tergugat untuk merehabilitasi kedudukan, harkat dan martabat penggugat seperti semula dan menghukum tergugat membayar biaya perkara.

Usai sidang, sambil meneteskan air mata Tio Achriyat menyalami sejumlah pengunjung yang berasal dari anggota keluarganya serta sahabat dekatnya yang hadir di ruang sidang.

Kuasa Hukum Tio Achriyat, Zul Azmi Abdullah mengapresiasi putusan yang telah dibacakan majelis hakim PTUN Banda Aceh. Karena SK Bupati Aceh Selatan Nomor 5 tahun 2018 jelas cacat yuridis dan juga dalam penerbitan SK tersebut telah bertentangan dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang managemen PNS dan juga bertentangan dengan Azas-Azas Umum Pemerintahan yang Baik (AAUPB) khususnya azas bertindak cermat.“Pemecatan tidak dengan hormat terhadap klien saya jelas cacat hukum, karena pemecatan klien saya tersebut hanya berdasarkan resume badan kepegawaian daerah tanpa memperhatikan dan mempertimbangkan dengan cermat PP Nomor 11 Tahun 2017 dan PP Nomor 53 Tahun 2010,” tegas Zul Azmi.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *