,

Proyek KKP di Simeulue Rusak Parah

SIMEULUE – Proyek pelabuhan jetty Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, rusak parah. Padahal proyek senilai Rp 8 miliar itu baru setahun digunakan.

Komandan Pos (Danpos) TNI Angkatan Laut (AL) Kecamatan Simeulue Cut, Kabupaten Simeulue, Peltu (Mes) Herianto sebagaimana dilansir habadaily.com mengungkapkan, kerusakan terjadi pada bagian bawah lantai dan samping dermaga.

Menurutnya, kerusakan terjadi karena setelah dibangun tidak ada perhatian dan pengawasan dari instansi terkait.

“Apabila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan pelabuhan akan bertambah rusak dan bakal putus total digerus gelombang laut. Sebab kondisi saat ini permukaan beton pelabuhan telah amblas lebih kurang tiga meter. Selain itu bagian kiri dan kanan dermaga juga mulai retak,” jelasnya.

Pelabuhan jetty di Pulau Simeulue Cut itu dibangun sepanjang 60 meter dengan lebar sekitar 4 meter dan berdasarkan perencanaan bisa disandari kapal kapasitas lebih dari 40 GT.

Sementara itu, Kasi Pengelola Pesisir Pulau-pulau DKP Siemeulu, Sulfianto menjelaskan pengelolaan pelabuhan jetty tersebut telah diserahkan kepada kelompok masyarakat di Kecamatan Simeulue Cut pada 30 Desember 2015 lalu dengan berita acara serah terima No. 523/51/DAS/2016.

Dalam surat tersebut disyaratkan bahwa masyarakat harus melaporkan baik lisan maupun resmi atas kondisi jembatan jetty ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Simeulue untuk kemudian diteruskan ke KKP di Jakarta.[Jp]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *