,

Proyek Jembatan Gantung Kuala Ba’u Terbengkalai

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan didesak untuk menyelesaikan proyek pembangunan jembatan gantung penghubung Desa Kuala Ba`u dengan Desa Krueng Batee, Kecamatan Kluet Utara.

Marzuki, warga Kluet Raya mengungkapkan, jembatan gantung yang dibangun dengan dana miliar rupiah itu sampai saat ini masih belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“Pembangunan proyek tersebut diduga tidak tuntas dikerjakan, terutama belum dilakukan penimbunan di bagian kepala jembatan. Akibatnya jangankan kendaraan roda empat atau roda dua, manusia saja sangat sulit bisa melewati jembatan tersebut,” kata Marzuki kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis, 9 Juni 2016.

Jembatan gantung merupakan akses transportasi utama yang ramai digunakan oleh masyarakat setempat baik untuk menyeberang ke desa sebelah maupun untuk mengangkut produksi pertanian warga di sekitar.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Aceh Selatan, Ir Bahrumsyah menjelaskan, proyek itu didanai melalui sumber anggaran Otsus tahun 2015 sekitar Rp 1,4 miliar lebih.

Menurutnya, pekerjaan proyek itu dilaksanakan secara bertahap dimana sesuai kontrak kerja pada tahun 2015 lalu, volume pekerjaan proyek tersebut memang seperti yang telah selesai dikerjakan sekarang ini. Bagian pekerjaan yang belum siap hanya tinggal pada oprit jembatan, sebab pekerjaan oprit jembatan tidak masuk dalam volume pekerjaan tahun 2015 lalu.

“Oprit Jembatan yang volumenya masing-masing sepanjang 50 meter tersebut akan dilanjutkan pekerjaannya pada tahun 2016 ini. Oprit tersebut selain dilakukan penimbunan juga dibangun landasan yang di aspal hotmix. Proyek tersebut sedang dilakukan pelelangan (tender), kami meminta kepada masyarakat untuk bersabar sebab jika tidak ada halangan dan rintangan maka jembatan gantung tersebut akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pada tahun 2016 ini juga,” jelas Bahrumsyah.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *