,

Proyek Jalan Kedai Kandang “Mangkrak”

KLUET – Proyek pengerasan jalan lingkar Kedai Kandang – Pasie Meurapat, Kluet Selatan Aceh Selatan senilai Rp 1,4 miliar tidak berjalan sesuai perencanaan alias mangkrak. Sampai akhir masa tahun anggara 2016 proyek baru berjalan sekitar 30 persen. Proyek tersebut dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV Perisa Perkasa.

Proyek yang dikerjakan oleh mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Aceh Selatan, Jufri Zuhri tersebut dinilai tidak maksimal. Badan jalan yang seharusnya sudah dilakukan pengerasan tersebut masih berlumpur. Di sepanjang badan jalan tersebut masih terlihat tumpukan material kerikil.

“Selain belum dituntaskannya pengerasan jalan, proses pembangunan tanggul juga terlihat belum maksimal sehingga dikhawatirkan badan jalan yang menghubungkan antar desa itu rawan longsor atau ambruk,” ungkap Ketua LSM Formak Aceh Selatan, Ali Zamzami, Rabu, 7 Desember 2016.
 
Ali Zamzami meminta kepada kontraktor pelaksana agar segera menyelesaikan pekerjaan proyek itu sesuai speksifikasi teknis yang ada. Ia juga menyayangkan, kontraktor pelaksana proyek itu selaku mantan Kadis PU Aceh Selatan seharusnya menunjukkan contoh yang baik kepada kontraktor lainnya.

“Selaku mantan pejabat yang bersangkutan dinilai lebih memahami dan mengerti secara teknis pekerjaan proyek yang berkualitas.   Semestinya proyek tersebut dikerjakan lebih baik, tepat waktu dan cepat selesai agar menjadi contoh yang baik kepada kontraktor lainnya di daerah ini,” tegasnya.
 
Sementara Konsultan pengawas proyek tersebut, Ridwan A Rachman mengaku pihaknya telah melayangkan surat teguran kepada rekanan CV Perisa Perkasa agar mempercepat pekerjaan dan memperbaiki kelemahan.
 
“Kita sudah membuat surat teguran dan meminta progres Mutual Check (MC) nol. Dasar itu, nantinya bisa diberikan penilaian tentang kemajuan dan perkembangan pekerjaan. Namun, meskipun MC nol dimaksud telah diserahkan namun dinilai masih perlu dilakukan perbaikan karena tidak sesuai dengan kondisi realita di lapangan,” tegasnya.

Rekanan pelaksana, Jufri Zuhri yang dikonfirmasi menyebutkan, pekerjaan proyek pengerasan jalan lingkar Kedai Kandang – Pasie Meurapat sepanjang lebih kurang 800 meter sumber APBK tahun 2016 senilai Rp 1,4 miliar lebih itu sedang dalam tahapan pekerjaan.
 
“Karena sedang dikerjakan, sudah barang tentu belum maksimal kami kerjakan. Saat ini perkembangan pekerjaan baru mencapai 40 persen. Insya Allah dalam waktu dekat proyek itu rampung dikerjakan. Tidak benar ada pekerjaan yang tambal sulam,” urainya seraya mengatakan pekerjaan yang dilaksanakan meliputi, pembangunan tanggul, timbunan dan opric.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *