,

Proyek Infrastruktur di Aceh Harus Sesuai Kebutuhan Bukan Politis

JAKARTA – Lambannya pembangunan jalur kereta api di Aceh mendapat sorotan dari anggota Komisi V DPR RI yang mebidangi urusan infrastruktur dan perhubungan, H Firmandez. Politisi Golkar asal Aceh ini berharap untuk mempercepat pembangunannya, pemerintah harus memasukkan proyek tersebut dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khsus (Otsus) Aceh tersebut usai rapat Komisi V DPR RI dengan Kementerian Perhubungan di Jakarta, Selasa, 12 September 2017.

“Proyek kerata api Aceh itu kan sudah lama, kesannya mangkrak begitu. Kita berharap itu masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) agar pembangunannya bisa dipercepat. Selama ini kesannya pembangunan jalur kereta api di Aceh itu karena politik, kita ingin bukan begitu, tapi dibangun karena memang kebutuhan,” jelas H Firmandez.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini melanjutkan, ada dua jalur kereta api yang akan dibangun di Aceh, dari lima jalur pembangunan kereta api trans Suamatera. Kedua jalur tersebut adalah pembangunan jalur kereta api Bireuen – Lhokseumawe sepanjang 20 kilometer dan jalur Langsa – Besitang.

“Kedua jalur itu ditargetkan beroperasi tahun 2019, dengan menambah operasi jalur kereta api eksisting sepanjang 11 kilometer di lintasan Bireuen – Lhokseumawe,” jelas H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, selain jalur kereta api trans- Sumatera di Aceh, juga ada beberapa proyek Kementerian Perhubungan lainnya di Aceh yakni, rehabilitasi terminal Batoh, rehabilitasi terminal Langsa, 8 paket perlengkapan jalan, 1 paket pemeliharaan perlengkapan jalan, tujuh trayek subsidi angkutan jalan, 4 lintasan subsidi angkutan penyebrangan, 1 paket pekan keselamatan, serta beberapa proyek dan kegiatan lainnya.

“Kami akan terus kawal ini, semoga dengan adanya peningkatan infrastruktur perhubungan di Aceh, akan terwujudkan konektivitas antar wilayah yang akan memberi dampak bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” harapnya. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *