,

Produksi Padi Aceh Melampaui Target

BLANGKEJEREN – Produksi padi di Aceh dalam tahun 2016 melampaui tager yang ditetapkan. Aceh hanya perlu menjaga kualitas gabah agar bisa diekspor ke luar negeri. Karena itu, Kepala Dinas Pertanian Aceh, Prof Abubakar Karim surplus padi di Aceh mampu mendongkrak program swasembada pangan yang sedang digalakkan secara nasional.

“Kita tidak perlu lagi memikirkan capaian target, karena jumlah padi untuk Aceh sudah melebihi, begitu juga dengan Gayo Lues, dari data yang kami peroleh, hasil padinya juga bisa dijual keluar daerah sebagian,” kata Abubakar Karim di sela-sela tanam perdana padi unggul Desa Penomon Jaya, Kecamatan Rikit Gaib, Gayo Lues, Kamis, 26 Mei 2016.

Meski sudah surplus, Aceh masih perlu melakukan peningakatan supaya gabah dari Aceh ke depan bisa diekspor ke luar negeri, dan tidak perlu lagi mengimpor beras ke Indonesia seperti yang dilakukan saat ini.

“Kenapa masih ada beras impor saat ini tidak perlu kita urus, karena pebisnis lebih mudah menjemput beras ke pelabuhan ketimbang mengambil ke tengah sawah, saya rasa hanya itu lagi permasalahannya, kalau beras kita sudah cukup,” katanya.

Abubakar Karim melanjutkan, jika dihitung antara jumlah penduduk Aceh dengan jumlah gabah padi yang dihasilkan, hampir sekitar 30 persen diantaranya bisa dijual keluar daerah, namun akibat warga yang tidak semuanya menjual kelebihan hasil padinya, makanya hasil padi warga tidak terlalu tampak naik.

Sementara Kadis Pertanian Gayo Lues Noval SP mengatakan hasil padi Gayo Lues meningkat satu ton per hektar dari tahun lalu, hal itu sudah disampaikan kepada Pemerintah Aceh dan pusat.

“Kendala kita selama ini hanya di irigasi saja, banyak hamparan sawah yang masih menggunakan sistem air hujan, dan saat musim kemarau warga tidak menanam lagi, kita berharap agar kedepan Pemerintah Aceh terus membantu Gayo Lues dalam segala bidang,” pintanya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *