,

Presiden: Keistimewaan Aceh untuk Kesejahteraan Rakyat

JAKARTA – Keistimewaan yang dimiliki Pemerintah Aceh harus mampu dikelola dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat koordinasi dengan Pemerintah Aceh di Istana Negara, Selasa, 11 Juli 2017.

Rapat koordinasi itu dihadiri oleh sejumlah menteri, semen dari Aceh ikut hadir Gubernur Irwandi Yusuf, Wakil Gubernur Nova Iriansyah, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar, Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin, Wakil Ketua DPR Aceh Sulaiman Abda, Teuku Irwan Djohan, Dalimi, serta sejumlah ulama Aceh dan tokoh masyarakat Aceh lainnya.

Presiden mengingatkan, Aceh adalah daerah istimewa yang mendapat pengakuan dan pengormatan dari negara, serta diberikan otonomi khusus. Dengan keistimewaan tersebut Aceh diharap dapat memajukan kesejahteraan rakyatnya.

“Saya berharap agar dengan status sebagai daerah istimewa dan otonomi khusus ini, bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, bukan hanya bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Aceh, tapi juga bagi kemakmuran kita bersama sebagai bangsa, serta memperkokoh NKRI yang berbhinneka tunggal ika,” ujar Presiden.

Presiden mengakui, untuk mewujudkan hal tersebut bukan hal yang mudah. Apalagi bila melihat sejumlah tantangan yang harus dihadapi bersama, baik oleh Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Pusat.

Pertumbuhan ekonomi Aceh pada kuartal pertama tahun 2017 hanya sebesar 2,87 persen. Angka tersebut masih di bawah angka pertumbuhan ekonomi nasional pada periode yang sama yang mencapai 5,01 persen. Begitu juga dengan jumlah pengangguran terbuka di Aceh yang mencapai 7,39 persen.

“Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar, Aceh harus bekerja keras mengelola dan memanfaatkan seluruh potensi keunggulan yang ada, agar dapat mendongkrak laju pertubuhan ekonomi,” harap Presiden.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *