Presiden Jokowi Diminta Promosikan Banda Aceh

0
160

BANDA ACEH – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk mempromosikan potensi Kota Banda Aceh ke manca-negara. Permintaan itu disampaikan langsung Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman kepada Jokowi saat menghadiri acara sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019, Jumat, 14 Desember 2018 di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh.

Aminullah Usman menjelaskan, Pemko Banda Aceh terus berupaya meningkatkan kunjungan wisata ke Banda Aceh, baik wisatawan lokal maupun manca negara. Menurut Aminullah, Banda Aceh yang tidak memiliki sumber daya alam seperti, minyak bumi, gas dan perkebunan harus mampu meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata. Karenanya, Banda Aceh masih butuh dukungan dari Pemerintah Pusat.

“Kami ingin menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di kota ini, dan salah satu caranya dengan menggerakkan sektor pariwisata. Banda Aceh memiliki beragam objek/destinasi wisata yang tak ada di tempat lain mulai dari cagar budaya atau situs sejarah, seni dan budaya, hingga kuliner dan kopinya.”

Selain itu lanjut Aminullah, Banda Aceh punya Masjid Raya Baiturrahman, Peucut Kerkhof, Taman Putroe Phang, Gunongan, makam raja-raja dan ulama besar. Wisata edukasi tsunami ada Kapal PLTD Apung, Kapal di Atas Rumah, dan Museum Tsunami Aceh, serta seni budaya dan kuliner khas Aceh juga sudah diakui dunia.

“Khusus untuk kuliner seperti Kuah Beulangong, Mie Aceh, dan Timphan Asoe Kaya, saya sudah memberi label 3E; enak, enak sekali, dan enaaak sekali. Kalau kopi Aceh yang aroma dan cita rasanya juga sudah mendunia, tempat paling pas untuk menikmatinya ya di Banda Aceh yang juga dijuluki Kota 1001 Warkop; di sini Secangkir Kopi Sejuta Cerita,” katanya lagi.

Dan baru-baru ini, Banda Aceh juga telah ditetapkan sebagai pesona wisata halal terpopuler di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata. “Karenanya, kami mohon kepada Pak Presiden untuk memberi perhatian lebih dan ikut mempromosi kan Banda Aceh ke mata dunia,” pinta Aminullah yang ikut didampingi istri, Hj Nurmiaty AR.

Saat ini, lanjut Aminullah, Pemko Banda Aceh sedang berupaya menarik sejumlah investor untuk berinvestasi di Banda Aceh dalam mendukung sektor wisata. Ada sejumlah investor yang sudah mengaku tertarik menanamkan modalnya di Banda Aceh.

Presiden sendiri memberikan respon positif terhadap permintaan Wali Kota. Jokowi sangat mengapresiasi cita-cita mulia Aminullah yang ingin meningkatkan kesejahteraan warganya lewat sektor pariwisata.

Bahkan dalam sambutannya saat acara sosialisasi, Jokowi menyampaikan penghargaan istimewa kepada Wali Kota Banda Aceh selaku tuan rumah. Saat tiba di Banda Aceh Kamis malam, Jokowi langsung disambut Aminullah di pintu utama Hotel Hermes Palace, Banda Aceh. Keduanya terlihat sempat berbincang bincang sesaat sebelum Presiden menuju kamar untuk istirahat.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here