,

PPK Aceh Selatan Diminta Tidak Memihak

TAPAKTUAN – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan, Khairunis, meminta kepada seluruh personil Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah itu, tidak memihak kepada salah satu kandidat yang bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017.

“PPK harus bersikap independen dan menjaga netralitas, serta kompak karena dalam pengambilan setiap keputusan harus bersifat kolektif kolegial, tidak boleh dilakukan secara personal,” kata Khairunis usai melantik 90 orang anggota PPK di Aula Disbudparpora, Tapaktuan, Selasa, 19 Juli 2016.

Sebanyak 90 orang anggota PPK tersebut merupakan hasil seleksi dan penjaringan yang dilakukan sejak awal Juli lalu. Dari 18 kecamatan seluruh Aceh Selatan satu kecamatan dipilih sebanyak 5 orang anggota PPK. Berhubung di Aceh Selatan baru akan melaksanakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati pada bulan Juni tahun 2018 mendatang, maka masa kerja PPK untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tersebut hanya berlangsung selama 9 bulan yakni terhitung mulai Agustus 2016 sampai April 2017.

Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunis menegaskan bahwa, seluruh anggota PPK yang terpilih tersebut telah di uji kemampuannya melalui proses seleksi mulai tahapan ujian tulis maupun wawancara yang dilakukan secara selektif dan akuntable. Anggota PPK tersebut juga telah diuji netralitasnya karena terbebas dari keterkaitan dengan Partai Politik (Parpol) manapun. “Mereka juga tidak dibenarkan menjabat dalam dua kali periode sehingga ada regenerasi,” ujarnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *