,

Potensi Kerugian Negara di Aceh Capai Rp885 Miliar

TEROPONGACEH – Potensi kerugian negara dari kasus korupsi di Aceh mencapai Rp885,8 miliar. Angka tersebut merupakan akumulasi dari 27 kasus dugaan korupsi yang terjadi di Aceh sepanjang tahun 2015. Meningkat dari tahun 2014 yang hanya sekitar Rp500 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Divisi (Kadiv) Advokasi Korupsi GeRAK Aceh, Hayatuddin Tanjung, dalam siaran pers 4 Januari 2015. “Beberapa kasus saat ini masih dalam proses hukum baik di kejaksaan, kepolisian, KPK serta pengadilan,” jelasnya.

Menurut catatan GeRAK Aceh, mayoritas penyimpangan terjadi pada dana hibah dan Bantuan Sosial (Bansos). “Modus operandinya sudah dimulai sejak perencanaan anggaran hingga perubahan spek dan sistem lainnya yang terstruktur. Model korupsi untuk tahun 2015 di Aceh tersebut tampak sangat spesifik artinya sangat terencana dan terstruktur,” ungkapnya.

Hayatuddin mencontohkan, kasus dugaan korupsi pengadaan traktor sedang 4 WD pada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distan) Aceh dengan pagu anggaran Rp 39 miliar. Pada kasus ini terjadi beberapa kali perubahan spek. Kemudian kasus dugaan korupsi Dermaga Lhok Weeng, Sabang sebesar Rp 11,7 miliar. Menurut GeRAK Aceh, proses penganggaran untuk proyek dermaga milik BPKS tersebut tidak sesuai dengan kondisi proyek di lapangan.

“Panjang pelabuhan lebih kurang 30 meter dan lebar lebih kurang 3 meter serta kedalam sekitar 3 meter, kemudian material yang digunakan yaitu batu gajah di sekitar proyek, sehingga proyek tersebut telah merusak hutan dan kawasan wisata Sabang. Proyek tersebut tidak ubah seperti tanggul penahan ombak,” lanjut Hayatuddin.

GeRAK juga menemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi pada anggaran aspirasi anggota DPRA dalam bentuk bantuan kelompok tani tambak dan lainnya melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh tahun 2015. Bantuan ini tersebar di 18 kabupaten/ kota di Aceh dengan total anggaran yang diplotkan Rp 40 miliar.[HD]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *