,

Polisi Periksa Tujuh Pejabat Terkait Normalisasi Rikit Dekat

BLANGKEJEREN – Aparat Kepolisian Polres Gayo Lues memanggil tujuh orang yang terlibat dalam proyek normalisasi pembangunan tebing hulu sungai Ujung Beringgin di Desa Rikit Dekat, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues. Proyek tahun anggaran 2016 senilai Rp 1,8 miliar itu diduga tidak sesuai spek.

Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendy Oktama, Senin, 21 Mei 2018 mengatakan, ketujuh orang yang dipanggil ke Polres Gayo Lues itu sudah dimintai keterangan. Polisi juga akan terus memangil pihak terkait lainnya.

“Setelah turun ke lapangan sebelumnya untuk melakukan pengecekan, kami langsung memanggil siapa yang terlibat, baik dari pejabat maupun dari pihak perusahaan, dan sampai saat ini sudah ada tujuh orang yang kita panggil dan kita periksa,” katanya. Namun ia menolak menyebutkan siapa-siapa saja nama orang yang telah diperiksa tersebut.

Polisi kata Kasat Reskrim tidak sepenuhnya mengamini setiap pernyataan saksi-saksi yang telah dipanggil memberikan keterangan, sebab, sebagian saksi bisa memberikan keterangan yang tidak valid ataupun diragukan kebenaranya, sehingga saksi dan saksi ahli harus diturunkan untuk pegusutan sebuah proyek.

“Proyek Normalisasi/Penahan Tebing Persawahan Ulu Naih Ujung Berangin Rikit Dekat tahun 2016 dengan pagu Rp 1,8 Milyar lebih ini dikerjakan oleh Perusahaan yang berinisial PT ABU, jadi guna memastikan apakah ada indikasi Korupsi atau tidak, kita tunggu saja hasil dari tim ahlinya nanti,” jelasnya.

Beronjong yang dibangun oleh perusahaan itu juga sebagian yang mengalami rusak dan ada dugaan ketidak sesuaian antara gambar dengan pekerjaan di lapangan, dan orang yang mengerjakanyapun disebut-sebut pejabat setempat yang sering turun ke lapagan dan ikut mengurusinya.

Namun, seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas PU Gayo Lues Maliki SE yang saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pengairan mengaku pekerjaan itu sudah sesuai dengan spek, dan megenai kerusakan itu disebabkan arus sunggai yang deras.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *