,

Polisi Periksa Dua Saksi Kasus Penghina Suku Gayo

BLANGKEJEREN – Aparat Kepolisian dari Polres Gayo Lues memeriksa dua saksi terkait kasus penghinaan terhadap suku Gayo di media sosial facebook, Rabu, 23 Agustus 2017. Pemeriksaan dilakukan melengkapi berkas perkara.

Dua orang yang diperiksa itu adalah J dan M warga Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, kedua saksi pelapor itu dimintai keteranganya di ruangan Kanit Resum serta menandatangani surat keterangan yang telah diberikan.

Kanit Resum 1 Polres Gayo Lues, Aiptu Bambang saat melakukan pemeriksaan itu mengatakan, berdasarkan undang-undang IT, penghinaan terhadap suku itu terancam hukuman paling rendah empat tahun penjara dan maksimal 10 tahun.

Sebelum memanggil dua saksi, pihak Kepolisian juga sudah memeriksa Camat Rikit Gaib, Buniyamin selaku pelapor pada Selasa, 22 Agustus 2017. Sementara terlapor Muhammad Ali akan dipanggil pada Kamis, 24 Agustus 2017. Muhammad Ali akan ditanyai seputar maksud dan tujuanya membuat status di akun facebook miliknya yang menuai kontropersi dan dinilai menghina suku Gayo.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah kasus itu mencuat, Muhammad Ali telah menjumpai Bupati H Ibnu Hasyim untuk minta maaf. Namun karena kasus tersebut belum dicabut oleh pelapor, maka proses hukumnya dilanjutkan.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *