,

Polisi Musnahkan Enam Hektar Ganja di Blangpegayon

BLANGKEJEREN – Aparat kepolisian dari Polres Gayo Lues, kembali memusnahkan enam hektar ganja siap panen di kawasan Akang Siwah, Blangpegayon, Gayo Lues. Saat penggerebekan kebun ganja tersebut, tiga penanam ganja melarikan diri ke hutan Leuser dengan hanya menggunakan celana dalam.

Hal itu diungkapkan Kapolres Gayo Lues AKBP Bhakti E Nurmansyah melalui Kasat Narkoba Iptu Agam S, Rabu, 24 Februari 2016 di Blangkejeren. Pada operasi pemberantasan ganja itu Polres Gayo Lues menurunkan 17 personil dari satuan narkoba.

“Tim beranggotakan pada 20 Februari 2016, setelah berjalan kaki selama sembilan jam, kami memutuskan untuk bermalam di tegah hutan, dan baru pada tanggal 22 kami lanjutkan perjalanan lagi dengan membagi dua tim menelusuri kawasan hutan, akhirnya setelah berjalan empat kami menemukan ladang ganja,” ungkap Agam.

Ketika menemukan ladang ganja tersebut, Iptu Agam melihat aktivitas di tegah ladang ganja, seperti ada lahan yang sedang dibakar dengan kepulan asap, dan ada aroma masakan di gubuk kebun ganja tersebut. Tim pun mendekatinya.

“Saat kami dekati dengan posisi merayap, ternyata ada tiga orang petani ganja sedang mandi di sungai. Kami langsung melepaskan tembakan perigatan agar pelaku tidak melarikan diri, tetapi yang kami kira malah salah, tiga orang pelaku yang sedang mandi ini malah kabur ke seberang sungai menuju pedalaman hutan,” jelasnya.

Ketiga orang pelaku itu kata Agam meninggalkan baju, celana dan kain sarungnya di seberang sungai, ketiganya nampak ketakutan dan berlari dengan menggunakan hanya menggunakan celana dalam basah yang dikenakan saat mandi, sementara baju, sepatu dan peralatan lainnya yang ditinggalkan kemudian dibakar bersama gubuk di tengah ladang oleh polisi.

“Hingga kini ketiga orang pelaku itu berada di tengah hutan tanpa busana dan tanpa perlengkapan makanan, kami sudah mencoba mengejar, tetapi gagal menangkap karena hutan di sana sangat lebat,” terangnya.

Ladang ganja yang ditemukan tim satu ini berjumlah empat hektar dengan jumlah tanaman ganja berukuran 2,5 meter mencapai 6.000 batang, sedangkan tim kedua berhasil menemukan dua hektar ladang ganja tak jauh dari lokasi pertama. Namun pada lokasi ini ganja baru tumbuh sekitar 30 centimeter sekitar 2.000 batang. Tim juga menemukan 500 gram biji ganja yang siap disemai.

Sejak operasi simpatik rencong digelar, Polres Gayo Lues berhasil mengamankan 5 tersangka yang terlibat kasus narkotika, 3 tersangka terkait kasus sabu-sabu dan 2 tersangka kasus ganja.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *