,

Polisi Limpahkan Kasus Ustad Cabul ke Kekejaksaan

BLANGKEJEREN – Berkas kasus dugaan pencabulan yang dilakukan Tgk Y, pimpinan pesantren di Kecamatan Blangpegayon yang juga salah satu kepala bidan di sebuah instansi di Gayo Lues, Selasa, 30 Januari 2018 dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat.

Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendy Oktama SH mengatakan, berkas perkara kasus dugaan pencabulan itu berawal dari laporan salah seorang santriwati dengan nomor LP/72/X/2017/Aceh/Res Gayo Lues Tanggal 24 Oktober 2017, tentang tindak pidana kejahatan anak (persetubuhan atau pencabulan).

“Setelah adanya laporan itu, kita dari kepolisian melakukan pemanggilan terhadap Tgk Y, tetapi dia tidak kooperatif, sehingga dilakukan penangkapan di luar daerah Gayo Lues,” katanya.

Setelah dibawa ke sel Polres Gayo Lues, Tgk Y yang sudah menyandang status Tersangka mulai dilakukan pemeriksaan oleh Juru Periksa (Juper), namun pemeriksaan dan penyelidikan terpaksa ditunda lantaran Tgk Y mengaku sedang dalam keadaan sakit.

Pihak kepolisianpun mendatangkan dokter ke Sel Polres Gayo Lues, dan jawaban dokter bahwa penyakit yang dialaminya hanya biasa saja, tetapi Tgk Y tetap tidak bisa diperiksa karena bersikukuh sedang dalam keadaan sakit.

“Setelah beberapa hari tak juga sembuh, kami membawa tersangka ke Rumah Sakit Umum Daerah, dan setelah beberapa hari dirawat inap, barulah dibawa kembali ke sel Polres Gayo Lues,” jelasnya.

Usai menjalani perawatan, Tgk Y tak lagsung diperiksa oleh Juper di Polres Gayo Lues, melainkan Tgk Y melakukan praperadilan terhadap pihak kepolisian setempat, sehingga kasus itupun disidangkan di Pengadilan Negeri Blanglejeren. Namun upaya praperadilan tersebut tidak berhasil, hingga kemudian kasusnya dilanjutkan.

“Alhamdulilah hari ini semua berkas sudah siap dan lengkap, dan tersangka sudah kita serahkan ke Jaksa bersama barang buktinya,” katannya dalam berkas perkara tersangka Tgk Y diduga melanggar undang-undang perlindungan anak karena melakukan pelecehan seksual terhadap santrinya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *