,

Plt Gubernur Aceh Diminta Bersikap Adil Terkait Dana Otsus

TAPAKTUAN – Ketua Harian Pembela Tanah Air (PETA) Provinsi Aceh, T Sukandi, meminta kepada Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Mayjen Purn Soedarmo bersikap adil dan objektif terkait kebijakan pengalihan pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) dari kabupaten/kota ke provinsi.
 
“Kami meminta kepada Plt Gubernur Aceh, harus mendalami setiap masukan dan pertimbangan yang disampaikan oleh DPRA terkait pengalihan pengelolaan dana Otsus,” harapnya Sukandi.

Sukandi merincikan sejak dana otsus digulirkan untuk Provinsi Aceh oleh Pemerintah Pusat mulai dari tahun 2008 sampai sekarang ini sudah mencapai Rp 90 Triliun. Namun sayangnya, dari jumlah itu hanya sebesar 15 % atau sebesar Rp 13,5 Triliun yang dialokasikan terhadap 12 kabupaten/kota di wilayah Aceh Barat Selatan dan Aceh bagian tengah.

“Meskipun 12 kabupaten/kota di wilayah pantai barat selatan dan wilayah tengah bukan daerah penyumbang dana bagi hasil secara penuh, tetapi hendaknya pembagian dana otsus itu harus memperhatikan perbandingan kondisi pembangunan infrastruktur daerah yang masih tertinggal,” harapnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *