,

Pimpinan Parpol Minta Pengawasan Pilkada Ditingkatkan

TAPAKTUAN – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan pihak kepolisian diminta agar meningkatkan pengawasan. Hal itu untuk menjamin pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gebernur Aceh tahun 2017 berlangsung jujur dan adil bebas dari ancaman dan intimidasi.

Permintaan itu disampaikan para pimpinan parpol pada acara coffee morning yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan di Tapaktuan. Acara juga dijadiri pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Panwaslih, sejumlah pimpinan Parpol dan pihak kepolisian.

Ketua Partai Nasional Demokrat (NasDem) Aceh Selatan, Irfanullah, mengungkapkan bahwa, berdasarkan keterangan dan informasi yang dihimpun dari masyaakat setempat, pihaknya telah menangkap adanya potensi ancaman gangguan keamanan dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017 mendatang.
 
“Untuk menjamin pelaksanaan pesta demokrasi di Aceh berlangsung jujur dan adil dibawah kondisi keamanan yang kondusif, kami meminta kepada pihak aparat kepolisian untuk meningkatkan pengamanan,” harapnya.

Irfanullah juga meminta kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) selaku penyelenggara pemilu dan pihak Panwaslih agar bersikap professional dalam menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut, sehingga dengan demikian dapat menekan atau meminimalisir kemungkinan terjadinya potensi konflik di tengah-tengah masyarakat.
 
Sementara, Ketua Partai Golkar Aceh Selatan T Mudasir meminta kepada pihak penyelenggara pemilu di daerah itu agar meningkatkan langkah sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkada baik kepada partai politik maupun kepada masyarakat luas.
 
Sebab, lanjut Mudasir, sosialisasi belum maksimal dilaksanakan oleh pihak penyelenggara pemilu sehingga mengakibatkan banyak masyarakat dan partai politik bahkan para kandidat itu sendiri yang belum memahami secara jelas mengenai aturan atau mekanisme penyelenggaraan Pilkada di Provinsi Aceh.

“Jadi kami meminta kepada pihak penyelenggara agar ke depannya lebih meningkatkan lagi langkah sosialisasi ditengah-tengah masyarakat, apalagi pada tahun 2018 mendatang Kabupaten Aceh Selatan akan berlangsung pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati,” pintanya.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *