,

Pidie Raih SaMA Award dari Badan Akreditasi Nasional

SIGLI – Setelah sebelumnya meraih penghargaan Kawastara Prawira, kini Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Dinas Pendidikan berhasil meraih penghargaan School and Madrasah Acreditaion Award (SaMA) 2016. Penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).

Kepala Dinas Pendidikan Pidie, Murthalamuddin menjelaskan, SaMA award diberikan karena Pemerintah Pidie dinilai komit dalam mendukung dengan aktif akreditasi sekolah dan madrasah di Pidie. Untuk Aceh didapat oleh dua kabupaten yakni, Pidie dan Aceh Selatan. “Bahkan Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta tidak mendapatkannya,” jelas Murthalamuddin.

SaMA Award 2017 untuk Kabupaten Pidie diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Efendi kepada Plt Bupati Pidie Dr Munawar A Jalil, Selasa malam, 29 November 2016 di Hotel Aston Imperial, Bekasi.

Mendikbud dalam sambutannya menjelaskan, SaMA Award harus menjadi pemicu bagi pemerintah daerah dalam bekerja lebih keras mendukung perbaikan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

“Kita perlu samakan langkah memacu kerja-kerja efektif bagi peningkatan mutu peserta didik. Anda di daerah paling depan dalam mencapai tujuan nasional pendidikan kita,” jelasnya.

Sementara Ketua BAN S/M, Dr Abdul Mu’ti menjelaskan, pemberian penghargaan tersebut dilakukan setelah melakukan seleksi ketat. Hasilnya, hanya 8 kabupten/kota di Indonesia yang mendapatkannya.

“Ini hanya diberikan kepada kabupaten/kota yang telah bekerja keras, mislanya dalam mendukung dana APBK untuk dana pendamping APBN dan bersungguh-sungguh meningkatkan perbaikan akreditasi sekolah di daerah,” jelas Abdul Mu’ti.

Plt Bupati Pidie Dr Munawar A Jlil usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Badan Akreditasi Provinsi Aceh yang bersungguh-sungguh membantu Kabupaten Pidie dalam memperbaiki akreditasi sekolah, hingga memperoleh penghargaan tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada segenap insan pendidikan di Pidie atas penghargaan ini. Ini penghargaan kedua dalam tahun ini. Semoga pendidikan di Pidie makin maju ke depan,” harapnya.

Ia melanjutkan, dua penghargaan dalam tahun ini untuk pendidikan di Pidie merupakan bukti sungguh-sungguh pemerintah Pidie dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Saya minta segenap jajaran pendidikan di Pidie bekerja lebih efektif lagi agar ke depan mutu lulusan sekolah atai madrasah di Pidie mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia. Penghargaan SaMA Award ini dan penghargaan sebelumnya Kawastara Prawira jangan sampai membuat kita puas, sebab tujuan sesunguhnya adalah menghasilkan generasi Pidie yang cerdas, mampu bersaing dan Islami. Pemerintah Pidie akan bekerja lebih keras setelah mendapat penghargaan ini,” tegasnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *