,

Peternak Dilatih Olah Pakan dari Limbah

BLANGKEJEREN – Peternak di 11 kecamatan di Gayo Lues, Kamis, 3 November 2016 dilatih mengolah limbah menjadi pakan ternak. Pelatihan digelar selama 3 hari, satu hari teori dua hari praktek.

Kabid Peternakan di Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Gayo Lues, Imran menjelaskan, para peternak tidak perlu khawatir lagi mencari pakan jika memelihara ternak, sebab, limbah serai wangi, kulit biji kopi, kulit coklat, dedak dan jerami sudah bisa dioleh menjadi pakan ternak.

“Selain peternak, pedagang juga kita undang. Materi pelatihan akan disampaikan oleh tutor dari Universitas Syiahkuala Banda Aceh, Bappeda Gayo Lues, dan Sekda,” jelasnya.

Selama ini, kebanyakan peternak melepas liarkan ternaknya sehingga merusak tanaman serai wanggi warga, sehingga terjadilah keributan yang membuat sebagian peternak harus menjualnya disebabkan lokasi pemeliharaan sudah tidak ada, sedangkan jika memelihara ternak sistim kandang sangat sulit mencari pakan.

“Kami akan terus mengalakan peternakan ini supaya warga bisa lebih meningkat prekonomianya, meskipun tidak dilepasliarkan, peternak masih bisa memelihara dengan cara dikandangkan, dan pakanya diolah menggunakan limbah, dengan cara ini, siapapun yang mau akan menambah penghasilannya,” jelasnya.

Pemeliharaan ternak sistim kandang kata Imran akan membuat ternak lebih cepat gemuk, itupun jika proteinnya mencukupi, sedangkan jika memberi pakan dari rumput, pakan tersebut belum tentu kaya akan protein dan hanya sebatas penghilang rasa lapar saja pada ternak.

“Saya yakin jika peserta menerapkan ilmu yang diberikan oleh tutor dari Unsyiah ini akan sangat bermanfaat serta menguntungkan bagi peternak,” ujarnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *