,

Perusahaan Hongkong Akan Tangani Pembangunan PLTA Lesten

BLANGKEJEREN – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Lesten di Kecamatan Pining, Gayo Lues baru akan dimulai pada pertengahan 2017. Diperkirakan sumber energi yang akan dihasilkan mencapai 443 mega watt (MW).

General Menejer PT Kamirzu, Denis Stand asal Hongkong bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues, Kamis, 6 Oktober 2016 menggelar ekspos tentang rencana pemangunan pembangkit listrik tersebut di Aula kantor Bappeda Gayo Lues.

Denis mengaku pihaknya sudah mendapatkan surat izin dari Gubenur Aceh dan Pemerintah Pusat, namun untuk membuat surat pinjam pakai kawasan hutan dibutuhkan dukungan Pemkab Gayo Lues.

“Kalau semua berjalan lancar, pertengahan tahun 2017 nanti kami sudah mulai beroprasi melakukan pembangunan, untuk sementara kami masih melakukan survei dan melengkapi izin-izin yang diperlukan.

Pembangunan PLTA tersebut diperkirakan memakan waktu hingga enam tahun dengan total investasi mencapai 800 juta dolar. Proyek itu juga akan menyerap 2.000 tenaga kerja.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasim mengatakan, Pemkab Gayo Lues setuju dan sangat mendukung pembangunan PLTA di Lesten. “Kami akan mengeluarkan surat dukungan terhadap pembangunan PLTA Lesten ini, namun perlu kami sampaikan juga kepada pihak perusahaan, tenaga kerja yang dibutuhkan nantinya harus diutamakan warga Gayo Lues, jagan jadikan kami tamu di rumah kami sendiri, itu kami tidak mau,” tegasnya.

Disamping itu, Ibnu Hasim juga mengatakan kepada pihak perusahaan agar tidak menggangu ekosistem di Lesten karena didaerah tersebut merupakan tempat hidup flora dan fauna, sehingga pembagunan PLTA menjadi ramah lingkungan dan tempat hidup bagi satwa.

Menanggapi hal itu, pihak perusahaan mengaku berjanji akan mengutamakan masyarakat lokal sebagai pekerja kasar, dan tenaga ahli akan didatangkan dari luar. Sedangkan menyangkut kehidupan satwa tidak akan terancam karena sistim pembangunan ramah lingkungan.

Usai acara ekspos tersebut Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasyim langsung menyerahkan surat dukungan pembangunan PLTA Lesten kepada Denis Stand selaku General Menejer PT Kamirzu. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *