Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Stagnan

0
104

JAKARTA – Bank Indonesia melalui rilis No.21/56/DKom, 5 Agustus 2019 merilis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan kedua tahun 2019 hanya 5,05 persen, relatif sama dengan triwulan sebelumnya yang 5,07 persen.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam rilisnya menjelaskan, hal tersebut dipengaruhi oleh permintaan domestik yang meningkat di tengah kinerja sektor eksternal yang menurun. Permintaan domestik naik dipengaruhi konsumsi yang lebih tinggi dan investasi yang stabil, meskipun perubahan inventori menurun.

Sementara itu, penurunan kinerja sektor eksternal dipengaruhi ekspor yang menurun akibat pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat dan ketegangan hubungan dagang yang berlanjut. Meski demikian menurutnya, permintaan domestik yang tetap kuat banyak menopang pertumbuhan ekonomi triwulan keduan2019.

Bank Indonesia memandang kinerja perekonomian Indonesia triwulan kedua 2019 tetap positif, di tengah perlambatan ekonomi dunia. Kedepan, upaya untuk mendorong permintaan domestik, termasuk investasi, perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak negatif perlambatan ekonomi dunia.

“Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk mempertahankan stabilitas ekonomi, mendorong permintaan domestik, serta meningkatkan ekspor, pariwisata, dan aliran masuk modal asing, termasuk penanaman modal asing,” jelas Onny Widjanarko.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here