Perancis Jajaki Kerja Sama dengan Pemko Banda Aceh

0
167

BANDA ACEH – Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet berkunjung ke Kota Banda Aceh dalam rangkan penjajakan kerja sama di bidang pariwisata dan pendidikan.

Rombongan dari Perancis tersebut mengunjungi beberapa objek wisata di Banda Aceh, salah satunya museum tsunami. Mereka diterima oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Balai Kota Banda Aceh, Jumat, 25 Januari 2019.

Dubes Jean datang ke Banda Aceh bersama istrinya, Mrs. Caroline Berthonnet, dan dua putranya Alexis Berthonnet dan Athan Gael Lacroix, serta beberpa orang delegasi dari Perancis.

“Kami sangat berterimakasih kepasa Pemerintah Kota Banda Aceh atas sambutannya. Kami sudah berkeliling ke Museum Tsunami pagi ini, Perancis juga ikut membantu saat bencana Tsunami 2004 silam,” ungkap Jean.

Jean juga mengatakan akan menjalin hubungan yang baik dalam peningkatan sektor wisata. “Banyak orang Perancis di pulau Jawa, sekitaran Jakarta, kami akan mengajak mereka untuk datang ke kota ini dan kami berharap sebaliknya” kata Jean.

Dubes Perancis juga menawarkan kerjasama dalam bidang Pendidikan, dalam bentuk beasiswa kepada pelajar-pelajar dari Kota Banda Aceh. Dalam kesempatan ini juga, Jean memberikan apresiasi kepada Aminullah Usman atas kinerjanya dalam membangun Kota Banda Aceh. “Wali Kota Banda Aceh ini sangat dinamis dari segi ekonomi dan pembangunan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Banda Aceh, Aminullah juga mengharapkan pertemuan dengan delegasi Perancis ini dapat berlanjut, dengan kerjasama ini juga diharapkan dapat membuka peluang investor lainnya untuk berinsvestasi di kota Banda Aceh

Kunjungan Dubes Perancis ke Banda Aceh diharapkan dapat membuka peluang kerjasama terutama dalam bidang investasi, wisata dan sister city. “Suatu kehormatan bagi kami atas kedatangan kunjungan Duta Besar Perancis bersama keluarga, semoga pertemuan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata antara Banda Aceh dan Perancis,” kata Aminullah.

Dalam pertemuan ini, Aminullah juga memperkenalkan Banda Aceh kepada Dubes Perancis tentang kelebihan Banda Aceh sebagai destinasi wisata. Baik wisata religi, wisata kuliner halal, wisata tsunami serta heritage destination dan tentunya Banda Aceh adalah kota yang memiliki tingkat toleransi tertinggi antar agama.

“Banda Aceh punya tempat wisata bersejarah dan menarik untuk dikunjungi, andai bisa berlama, kita juga bisa menikmati kuliner khas Aceh Bersama-sama. Kita sangat welcome, jangan takut datang ke sini, alhamdulillah Banda Aceh telah mendapat penghargaan sebagai Kota dengan pelayanan terbaik di Indonesia,” kata Aminullah.

Pada pertemuan ini Wali Kota turut didampingi Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Sekda Kota Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl,SE, Asisten II Sekda Kota, Iskandar, Kabag Ekonomi, Kadis pariwisata, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan serta jajaran Pemko Banda Aceh.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here