,

Penumpang ke Sinabang Diarahkan Berangkat Melalui Meulaboh

TAPAKTUAN – Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji, Aceh Selatan, Yulmahendra mengatakan, pelayaran KMP Labuhanhaji ke Pulau Simeulue, masih ditunda karena kerusakan mesin cadangan. Penumpang yang antri diarahkan berangkat melalui Pelabuhan Meulaboh, Aceh Barat.

“Menghindari membludaknya antrian penumpang, sejak kemarin para penumpang sudah kami arahkan berangkat melalui Pelabuhan Meulaboh, kecuali truck dan mobil pribadi yang masih mangkal di Labuhanhaji menanti KMP Labuhanhaji berlayar,” kata Yulmahendra di Tapaktuan, Jumat, 3 Maret 2017.

Sejak diumumkan penundaan pelayaran pada Rabu kemarin, kata dia, sejumlah calon penumpang tujuan Siemeulue bersama kendaraan yang mereka bawa, berangsur-angsur terus berkurang di Labuhanhaji karena sebagian dari penumpang telah memilih berangkat melalui pelabuhan Kuala Bubon, Meulaboh, Aceh Barat.

“Saat ini yang masih antri hanya mobil truck pengangkut barang berjumlah 13 unit serta delapan mobil pribadi bersama sopirnya. Sedangkan puluhan penumpang yang sebelumnya telantar dipastikan telah menuju ke Meulaboh untuk berangkat melalui pelabuhan Kuala Bubon,” ujarnya.

Yulmahendra belum bisa memastikan kapan KMP Labuhanhaji selesai perbaikan mesin. “Kami masih menunggu perkembangan informasi terakhir dari pihak Syahbandar Tapaktuan dan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP),” jelasnya.

Sementara itu, Supervisor PT ASDP Labuhanhaji, Nurman menjelaskan mesin bantu sebelah kiri kapal tersebut masih belum normal. Namun setelah diperbaiki sejak Rabu kemarin sekarang ini sudah mulai ada perkembangan.

“Sekarang sudah ada perkembangan sedikit dari sebelumnya setelah diperbaiki sejak Rabu kemarin. Untuk mempercepat perbaikan mesin cadangan itu, kami melibatkan teknisi dari PT PLN (Persero) Suaq, Abdya. Insya Allah pada Sabtu malam KMP Labuhanhaji sudah bisa diberangkatkan menuju Simeulue,” ungkapnya.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *