,

Penumpang Kapal Telantar, Pemkab Aceh Selatan Buka Dapur Umum

LABUHANHAJI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan mengerahkan dua unit mobil dapur umum milik BPBD dan Dinas Sosial untuk menyediakan kebutuhan makanan terhadap ratusan calon penumpang kapal tujuan Pulau Simeulue yang telantar sejak Senin, 18 Juli 2016 lalu.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Provinsi berdasarkan permintaan Pemkab Aceh Selatan juga telah memerintahkan kepada Pemkab Nagan Raya agar mengerahkan satu unit Mobil Dapur Umum ke Pelabuhan Labuhanhaji pada Kamis, 21 Juli 2016 untuk menambah dukungan armada mobil dapur umum di lokasi tersebut.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji, Yulmahendra, mengatakan, pengerahan mobil dapur umum tersebut berdasarkan perintah Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra yang meninjau langsung kondisi ratusan calon penumpang kapal yang telantar.

“Selain telah membantu mobil dapur umum, Pemkab Aceh Selatan juga menyalurkan bantuan bahan makanan serta mendirikan posko kesehatan di lokasi Pelabuhan dengan melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Dengan kehadiran posko kesehatan tersebut, kata Yulmahendra, para calon penumpang yang sebelumnya telah diserang penyakit telah mendapatkan penanganan medis termasuk telah diberikan obat-obatan.

“Secara keseluruhan calon penumpang yang sebelumnya diserang penyakit flu dan batuk sudah sehat kembali. Hanya satu orang yang sebelumnya di rujuk ke Puskesmas Labuhanhaji saat ini telah di rujuk kembali ke RSUD Yulidin Away Tapaktuan untuk mendapatkan tindakan medis yang maksimal,” ujarnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *