,

Pengusaha Lokal Harus Diberi Kesempatan Bekerja di Daerah

BANDA ACEH – Untuk membangkitkan dunia usaha di Aceh, Pemerintah Aceh harus memberikan kesempatan kepada para penguasa lokal bekerja pada proyek-proyek pemerintah di daerah. Proyek di bawah Rp 3 miliar sebaiknya dikerjakan oleh penusaha daerah.

Penegasan itu disampaikan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, H Firmandez, Senin, 14 Agustus 2017. Menurutnya, upaya Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf untuk menegakkan tender yang bersih (fair procurement) harus didukung semua pihak. Dengan tender yang fair semua pengusaha memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun meski demikian, saran H Firmandez, jangan pula dengan alasan fair procurement nantinya berkesan membuka pintu yang lebar untuk pengusaha luar daerah bermain di Aceh.

“Kita dukung upaya Gubernur Irwandi Yusuf menegakkan tender yang bersih, sebagaimana disampaikannya di media sosial, tapi saya sarankan untuk proyek-proyek di bawah Rp 3 miliar biarlah pengusaha lokal yang kerjakan, berdayakan pengusaha daerah. Biar mereka sama-sama bersaing,” sarannya.

Menurut H Firmandez, hal itu sangat penting dilakukan, karena dengan demikian nantinya akan melahirkan pengusaha-pengusaha Aceh yang punya pengalaman kerja mumpuni. “Setelah itu, baru mereka bisa bersaing dengan pengusaha luar dalam proyek-proyek yang besar,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, Pemerintah Aceh juga harus membuat regulasi atau kebijakan yang bisa menciptakan iklim usaha yang sehat di Aceh. Jangan sampai pengusaha di Aceh tak bisa berkembang karena iklim persaingan yang tidak seimbang.

“Ilustrasinya begini. Tidak fair rasanya kalau pengusaha kecil di daerah harus melawan pengusaha besar, apalagi melawan perusahaan-perusahaan BUMN, pasti pengusaha lokal tak akan dapat pekerjaan. Jadi regulasi untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk pengusaha lokal itu harus dipikirkan,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *