,

Pengusaha Kopi Harus Manfaatkan Peluang Ekspor

BANDA ACEH – Pengusaha kopi Gayo di Provinsi Aceh harus memanfaatkan berbagai peluang ekspor ke luar negeri. Dikenalnya merek kopi Gayo merupakan peluang besar untuk memasarkan produk kopi Gayo ke manca negara. Apalagi setelah kopi Gayo mendapat sertifikat registrasi merek kolektif dari Uni Eropa.

“Ini peluang besar, harus dimanfaatkan secara maksimal. Kalau tidak, maka nanti orang luar yang akan ambil. Gayo punya kopi tapi orang lain punya untung. Pengusaha-pengusaha kopi di Aceh khususnya di dataran tinggi Gayo harus bangkit,” harap Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, H Firmandez, Jumat, 29 September 2017.

Untuk itu, kata H Firmandez, dirinya selaku anggota legislatif di DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 yang dipercayakan di Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan, dalam berbagai kesempatan selalu mengupayakan agar pembangunan terminal kargo Bandara Rembele di Bener Meriah dipercepat.

“Kita berharap nanti dengan beropreasinya terminal kargo tersebut, ekspor kopi Gayo ke luar negeri jadi lebih mudah. Kita juga minta agar pemerintah menstanby-kan petugas karantina pertanian di Gayo, agar urusan administrasi ekspor bisa lebih cepat,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, kopi Gayo sudah terkenal di berbagai negara. Malah Trade and Private Sector Assistence (TPSA) tertarik untuk memasarkannya ke pasar Kanada dan Amerika Utara. “Penikmat kopi di luar negeri itu mencari kualitas kopi speciality seperti Arabika Gayo, ini peluang besar, sudah saatnya pengusaha kopi di Aceh memperluas pangsa pasarnya ke luar negeri,” himbaunya.

Selain itu, pengusaha kopi di Aceh juga harus berperan dalam berbagai event dunia terkait dengan kopi, baik pameran maupun pertemuan-pertemuan bisnis kopi. Hal itu sangat penting untuk meningkatkan wawasan para pengusaha dalam bisnis internasional.

“Ujung-ujungnya nanti kan akan berdampak juga pada peningkatan taraf hidup petani kopi di daerah. Pendapatan daerah juga akan meningkat. Ini yang harus selalu kita dukung, karena bagaimana pun kopi Gayo itu spesial,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *