,

Pengusaha Kopi Gayo Harus Sambut Keinginan Presiden

BOGOR – Pengusaha kopi Gayo di Aceh harus mampu menyambut keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar kopi Indonesia bisa bersaing di pasar dunia. Apa lagi kopi Gayo sudah terkenal di manca negara dan sudah mendapat sertifikat registrasi kolektif dari Uni Eropa.

Keinginan Presien Jokowi itu disampaikan saat ngopi bersama petani kopi, barista dan pemilik kedai kopi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu, 1 Oktober 2017. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, H Firmandez mengajak para pengusaha kopi di Aceh untuk memanfaatkan peluang itu.

“Pengusaha kopi di Gayo harus menyahuti keinginan Presiden Jokowi ini, apalagi presiden pernah tinggal lama di Gayo dan kini menjadi orang tua angkat masyarakat Gayo di Jakarta. Saya sebagai orang yang hidup dan besar di Gayo sangat mengapresiasi ini,” ujar H Firmandez, Senin, 2 Oktober 2017 di Jakarta.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini mengharapkan, pengusaha kopi di Gayo harus benar-benar mampu memanfaatkan peluang tersebut. Apa lagi Presiden Jokowi punya hubungan emosional dengan masyarakat Gayo. Selain itu kopi Gayo juga sudah terkenal di berbagai negara.

“Malah Trade and Private Sector Assistence (TPSA) tertarik untuk memasarkan kopi Gayo ke pasar Kanada dan Amerika Utara. Penikmat kopi di luar negeri itu mencari kualitas kopi speciality seperti Arabika Gayo, ini peluang besar, sudah saatnya pengusaha kopi di Aceh memperluas pangsa pasarnya ke luar negeri,” himbaunya.

Untuk mewujudkan hal itu, dirinya selaku anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 yang duduk di komisi V, dalam berbagai kesempatan akan terus berusaha untuk meningkatkan infrastruktur di daerah untuk peningkatan kualitas hidup petani kopi.

“Kita apresiasi apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Pengusaha kopi di Gayo harus memanfaatkan momentum ini. Sudah saatnya pengusaha kopi Indonesia berkiprah di kancah perdagangan internasional,” tegas Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *